Ahli Waris Pindahkan Lima Makam di TPU Bendungan

makam-dipindahkan

.Terancam Gerusan Arus Kali Pepe

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bendungan di Dusun Bendungan RT 4 RW 6, Desa Klodran, Kecamatan Colomadu, tergerus aliran Kali Pepe. Akibatnya, sejumlah makam yang letaknya berdekatan dengan bibir tebing, rawan ambrol. Bahkan lima makam sudah dipindahkan oleh ahli waris, karena posisinya sebagian sudah melorot dan hampir ambrol ke sungai.
Kepala Desa Klodran Warsito mengatakan, ada sekitar 25 makam yang posisinya dekat dengan bibir tebing dan rawan ambrol.
“Sebelum pemindahan jenazah, dilakukan selamatan pada Jumat (15/3),” imbuhnya.
Mengenai pemindahan lima makam oleh ahli waris, Warsito menjelaskan, pekerjaan sudah dilakukan sejak Sabtu (16/3). Lima pekerja diminta membongkar makam dan memindahkan jenazah ke liang lahat yang ada di tengah makam, agar aman dari kemungkinan terjadinya tebing longsor.

Baca Lawan Hoaks Lewat Foto

Baca :Hilang Kendali, Mobil Menabrak Pagar lalu Terguling

“Kalau makam yang letaknya jauh dari bibir tebing, sejauh ini masih aman,” katanya, Minggu (17/3).

Dikatakannya, penyebab tebing sungai tergerus aliran sungai tak lepas dari pekerjaan pembuatan tanggul di tebing bantaran sungai, yang dilakukan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jateng. Pekerjaan tersebut belum selesai dan sudah setahun terhenti. “Setahu saya, karena anggarannya kurang. Jadi mandek. Saat membuat tanggul, tanah diratakan. Tapi prosesnya tidak sampai ke makam. Setelah setahun ini terhenti, mulai terjadi pengikisan tanah di tebing makam,” jelasnya.
Pada musim hujan, aliran Kali Pepe yang cukup deras membuat retak pondasi tanggul. “Kami sudah layangkan surat ke PSDA terkait kondisi ini. Kami meminta agar normalisasi Kali Pepe di tebing TPU Bendungan dilanjutkan. Sudah dua kali mengirim surat, tapi belum direspons,” tuturnya. (IS)

Baca : Pemkot Bakalan Bangun Empat Toilet di Kottabarat

Tinggalkan Pesan