Kunjungan ke Karanganyar, Puan Serahkan Bantuan Senilai Rp 3,5 Miliar

4
kunjungan-puan-maharani

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Bantuan dari pemerintah pusat untuk Karanganyar senilai Rp 3,5 miliar, diserahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, dalam kunjungan kerjanya di Karanganyar, Sabtu (16/3).
Secara simbolis, penyerahan bantuan dilakukan di pendapa rumah dinas bupati, dihadiri sejumlah perwakilan masyarakat penerima bantuan.
Bantuan yang diserahkan antara lain lima unit hand tractor roda dua untuk lima kelompok tani, penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) tahap satu untuk 31.747 keluarga penerima manfaat (KPM).
Kemudian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk 53.410 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), bantuan untuk delapan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) masing-masing Rp 50 juta.
Puan juga menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk 400 siswa SD, SMP dan SMA/SMK, bantuan sarana prasarana dan peralatan praktik untuk dua sekolah masing-masing Rp291 juta untuk rencana pengembangan sekolah (RPS) dan satu set alat praktik siswa.

Baca : Ahli Waris Pindahkan Lima Makam di TPU Bendungan

Baca : Hilang Kendali, Mobil Menabrak Pagar lalu Terguling


Total, ada 23 item bantuan yang diserahkan kepada berbagai kelompok masyarakat dengan nilai keseluruhan mencapai Rp 3,5 miliar.
Dalam sambutannya, Puan berpesan agar bantuan yang diberikan pemerintah bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Dia juga berpesan agar bantuan peralatan yang diberikan, dijaga dan dirawat.
“Seperti hand tractor. Manfaatkan dengan baik. Dirawat. Biasanya, kalau sudah terima, paling susah ngerawatnya. Ya harus dirawat, biar tidak mudah rusak,” pesannya.
Menko PMK juga meminta, agar masyarakat mendukung program-program pemerintah di berbagai bidang. Sebab, program yang dijalankan pemerintah bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat dan mendorong kemandirian.
“Pemerintah memberikan bantuan bukan untuk tidak dimanfaatkan, dihambur-hamburkan. Kami, para menteri, diperintahkan Pak Presiden untuk menyampaikan apa yang diberikan pemerintah ke masyarakat, mengecek untuk memastikan bantuan tepat sasaran. Memastikan tidak ada pemotongan,” tuturnya.
Diakui, bahwa masih ada program pemerintah, termasuk pemberian bantuan pada masyarakat, yang belum berjalan dengan baik.
“Masih ada yang belum bisa seratus persen berjalan baik. Masih ada hal-hal yang harus diperbaiki. Tapi yang jelas, pemerintah bekerja dalam upaya untuk mensejahterakan masyarakat,” tandasnya. (IS)

Baca : Warga Kartasura Ngadirejo Tukar Sampah Dengan Uang

Tinggalkan Pesan