Lawan Hoaks Lewat Foto

salam-jempol

*Deklarasi Pemusik Ber#01 dan Fotografer Ber#01 Dukung 01

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Sejumlah fotografer yang tergabung dalam komunitas Fotografer Ber#01 sepakat untuk melawan hoaks melalui karya foto. Cara itu dinilai efektif, untuk menyampaikan kebenaran, karena sebuah foto bisa bercerita tentang banyak hal.
Hal itu diungkapkan Puguh Ratawidura, salah satu pegiat fotografi di Kota Bengawan, di sela acara Deklarasi Pemusik Ber#01 dan Fotografer Ber#01 untuk Jokowi-Ma’ruf, yang digelar Komunitas Sahabat Jokowi (KSJ) di kawasan De Tjolomadoe, Kecamatan Colomadu, Sabtu (15/3) petang.
Puluhan fotografer dan musisi dari Solo Raya, serta sejumlah relawan terlibat dalam event untuk menyatakan dukungan pada pasangan calon (paslon) 01 tersebut.
Puguh mengatakan, gambar bisa bercerita lebih banyak daripada kata-kata. “Foto bisa memperlihatkan bukti, tentang hasil kerja Pak Jokowi yang sudah bisa dirasakan masyarakat,” tuturnya.

Baca :HAM-I Kecam Persekusi Terhadap Wartawan

Baca :Sudimin Minta Waduk Cengklik Segera Dikeruk

Menurutnya, pegiat fotografi yang tergabung dalam Fotografer Ber#01 sudah sepakat untuk menggunakan karya-karyanya dalam upaya menangkal berita-berita bohong yang banyak beredar.
“Kami sepakat untuk melawan hoaks dengan kreativitas. Media sosial akan kami manfaatkan untuk menyampaikan informasi-informasi yang benar melalui foto,” tandasnya.
Sementara itu, Ketua KSJ Sudiro Agung mengatakan, komunitas musisi dan fotografi akan menyuarakan optimisme, melalui karya mereka masing-masing.
“Dari deklarasi ini, kami ingin memperlihatkan tentang indahnya kebersamaan, hebatnya semangat untuk tetap optimistis menyambut masa depan yang lebih baik. Menghadapi tantangan yang akan dilalui, agar bangsa ini bisa menjadi lebih hebat,” katanya.
Dalam acara tersebut, delapan grup musik dari berbagai kota tampil menghibur audiens yang hadir. Yakni grup Outplain, Solo Blues Community, The Frame, Lastcarbeats, Smoothies, Exsas, Kidung Riang dan 1910 Band.
Selain itu, digelar sesi photohunt yang diikuti puluhan fotografer. Untuk memeriahkan suasana, peserta juga diajak untuk mengikuti Senam Jempol Jokowi Gaspol, yang dipandu instruktur dari atas panggung. (IS)

Baca :Mengincar Tiga Besar di Kota Lumpia

 

Tinggalkan Pesan