Ini Pesan Kajari bagi Cakades Baru Soal Pengelolaan Dana Desa

dana-desa-karanganyar

KARANGANYAR,suaramerdeka.com – Ada dana desa sebesar Rp.449 miliar di Jateng pada tahun ini, yang akan diterima kades baru, termasuk kades Karanganyar. Dana tersebut jangan dianggap berkah untuk diri sendiri, namun malah menjadi ujian bagi kades baru dalam melayani masyarakat.
“Zaman sekarang kades masih bisa bilang tidak tahu kalau ada aturan yang mengatur sesuatu, sungguh terlalu. Petugas tidak bisa dikelabuhi dengan alasan tersebut. Kades mesti teliti dan secararasi ada dasar hukumnya,’’ kata Kepala Kejari Karanganyar Suhartoyo, saat orientasi kades baru se Karanganyar, Senin (18/3).
Suhartoyo juga menegaskan ada tujuh tertib yang perlu disiapkan agar perjalanan kades selamat selama menjabat, dan tidak ada masalah hukum yang menjerat. Yakni tertib administrasi, tertib kerja, tertib alat, tertib kepegawaian, tertib anggaran, tertib perencanaan dan tertib moral.

Tertib anggaran, selalu mencatat uang keluar dengan uang masuk, sekecil apapun jangan dilupakan. Sehingga kalau ada pemeriksaan semuanya ada buktinya. Uang untuk apa dikeluarkan. Manfaatnya apa dan peruntukannya apa.

Baca : Ahli Waris Pindahkan Lima Makam di TPU Bendungan

Tertib alat, apapun wujudnya, alat dan sarana prasarana harus dicatat. Jangan sampai karena sudah rusak maka alat dijual rongsokan saja. Semua harus dicatat, jika diperlukan dimusnahkan harus ada pencatatan dan permohonan penghapusan aset.

Tertib masuk kerja. Jangan sampai kades tidak pernah ada di kantor karena tidak masuk kerja. Petugas sudah sangat hafal, jika seorang kades tidak pernah masuk kantor maka dipastikan sistem administrasinya berantakan. Uahakan masuk kantor dan jika memang ada tugas di luar kantor ada pemberitahuan.

Kades juga dipesan tertib kepegawaian, sangat paham pekerjaan pegawainya sehingga tahu kelebihan dan kekurangannya, tidak pernah segan meminta pendapat pada bawahan, karena akan lebih baik jika sebuah keputusan lahir dari konsultasi dan bukan keluar karena diri sendiri.

Tertib moral, akuntabel, jujur, dan selalu berpegang pada aturan agar tidak terpeleset. Masalah akuntabel ini sering diabaikan begitu saja, sehingga kades merasa cukup dia saja yang tahu, tidak perlu orang lain mengerti. (JHD)

Baca : Kunjungan ke Karanganyar, Puan Serahkan Bantuan Senilai Rp 3,5 Miliar

 

Tinggalkan Pesan