Peternakan Binaan Baznas Akan Jadi Lokasi Outbond

4
peternakan-baznas-kra

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Peternakan burung, kambing etawa, lele, dan burung lovebird binaan Baznas, di desa Tegalasri, Karanganyar Kota, rencananya akan disulap menjadi arena outbond alam yang bernuansa pertanian.
“Kami akan membuat arena outbond di sekitar kompleks peternakan, dengan menyulap persawahan itu menjadi tempat untuk arena outbond di persawahan, dilengkapi kolam renang serta waterboom mini agar usai bermain di sawah anak-anak bisa langsung berenang,’’ kata Abdul Muid salah seorang pemilik peternakan binaan baznas, Senin (18/3).
Dia mengatakan, outbond bernuansa pertanian di Indonesia, atau malah di Jateng dan khususnya di Solo Raya, masih kurang kalau dikatakan tidak ada.

Baca : 120 Grab Airport Siap Layanan Penumpang Bandara

Baca :Pameran Bus Terbesar Dunia di Jakarta

“Nah ini kami pandang lahan bisnis yang prospektif di masa mendatang.
Anak-anak atau masyarakat sekarang belum begitu paham tentang pertanian. Tidak lagi tahu padi itu diproses sejak awal dari apa. Misalnya ada tradisi mengolah sampah dengan mluku, ada membersihkan lahan dengan garu, ada proses tanam padi, ada proses panen, dan itu perlu dikenalkan pada masyarakat.”
Selain mereka juga mengenal berbagai proses menjadi beras yang dia makan sehari-hari itu, sehingga dia juga akan menghormati beras dan nasi yang dia makan, karena tahu betapa sulitnya dan rumitnya proses menjadi padi itu.
Selain itu, dia akan dikenalkan dengan aneka peternakan yang ada, mulai dari lele, ayam, kambing etawa yang bisa diperas susunya, dan kambing gibas yang hanyadia kenal lewat cerita Nabi Ismail saat disembelih ayahnya Nabi Ibrahim saja.

Baca : FK-IUMKM Gandeng 103 Pelaku Usaha di Solo


Setelah kenal semua jenis proses padi dan peternakan, barulah ada permainan air, berenang di water boom, dan senang-senang khas anak-anak. Muid yakin anak-anak sekolah akan senang dengan suasana pertanian tersebut.
Bupati Juliyatmono sendiri pernah mengangankan ada outbond pertanian yang bisa dijual ke turis asing sehingga mereka pun juga menge3nal seluk beluk pertanian yang ada di Indonesia. Selama ini sudah ada outbond sejenis di Bali yang juga sangat laris.
Muid mengatakan dirinya sedang mendekati pihak ketiga untuk menginvestasikan uangnya untuk membangun hal tersebut secepatnya di Tegalasri Karanganyar.(JDH)

Baca juga : Kunjungan ke Karanganyar, Puan Serahkan Bantuan Senilai Rp 3,5 Miliar

Tinggalkan Pesan