1.503 Kader Siaga Trantib Dilibatkan Pam Pilpres

siaga-satgas
SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com- Sebanyak 1.503 Kader Siaga Trantib (KST) di Sukoharjo akan   dilibatkan dalam pengamanan pada pelaksanaan Pemilu 2019. Mereka akan disebar untuk jaminan keamanan masyarakat saat menggunakan hak pilih.
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo Heru Indarjo, mengatakan, semua KST sekarang sudah dalam posisi siap untuk membantu tugas aparat dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pelaksanaan Pemilu 2019. 
“Masing masing desa sudah memiliki sebanyak sembilan KST yang siap menjalankan tugas. 
Sedangkan secara keseluruhan di Sukoharjo ada 1.503 orang KST,” jelas Heru, di Pendapa Graha Satya Praja (GSP) Setda Sukoharjo, Selasa (19/3)
Para KST tersebut, kata Heru, sudah mebdapatkan pembekalan, baik berupa teori dan praktek. Hal itu untuk memastikan kesiapan mereka dalam menjalankan tugas membantu pengamanan dan ketertiban pelaksanaan Pemilu 2019.
Yang jelas, dalam membantu pengamanan nanti, mereka akan ditempatkan di luar ring pertama atau di luar tempat pemungutan suara (TPS). KST akan ditempatkan pada posisi membantu aparat saja semisal di luar kantor desa dan kelurahan atau di titik wilayah rawan. 
“Kehadiran para KST diharapkan mampu meminimalisir terjadinya gesekan masalah di lapangan. Apabila ada temuan yang bisa memicu terjadinya bentrokan massa maka KST wajib membantu pencegahan dan melaporkannya ke aparat keamanan,” tegasnya.
Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, pembentukan KST merupakan bagian dari upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Hal itu penting mengingat para anggota KST berasal dari warga masyarakat di desa setempat. Dengan demikian maka mereka memiliki fungsi ganda baik sebagai anggota KST maupun warga masyarakat dan menjadi kunci dalam membantu menyelesaikan setiap masalah yang muncul. (Heru Susilo)
 

Tinggalkan Pesan