Empat Atlet Solo Raya Masuk Daftar Panggil

sepak-bola-cp

*Seleknas Sepak Bola CP di Solo

SOLO,suaramerdekasolo.com – Empat atlet difabel dari Solo Raya masuk daftar panggil untuk mengikuti seleksi nasional (Seleknas) sepak bola celebral palsy (CP/gangguan fungsi otak). Mereka adalah Adi Joko Saputro dari Solo, Amar Hudzaifah (Karanganyar), Timin (Wonogiri) dan Sugiyatno (Sragen).

Keempatnya bersama 15 pemain lain dari berbagai daerah di Tanah Air, bakal mengikuti seleknas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) yang diselenggarakan di lapangan Banyuanyar, Solo, Rabu (20/3).

‘’Seleknas rencananya digelar dalam dua sesi, yakni sesi pagi dan sore. Kami akan cek kondisi fisik dan kemampuan teknik 19 atlet yang dipanggil dalam seleksi nanti,’’ kata pelatih sepak bola CP NPCI Pusat, Anshar Ahmad, Selasa (19/3).

Baca : Empat Karateka Pelajar Bertekad Curi Medali

Baca : Taekwondo Memburu Empat Emas

Mantan pemain Arseto Solo itu mengungkapkan, seleknas diselenggarakan guna menyaring para pesepak bola CP untuk masuk pemusatan latihan nasional (pelatnas) dengan proyeksi menghadapi ASEAN Para Games (APG) Filipina, Januari 2020.

‘’Saya belum tahu, kapan training camp (TC) pelatnas dimulai. Namun setidaknya kami melakukan seleksi dulu, sesuai perintah dari NPCI Pusat,’’ tutur Anshar.

Dia mengungkapkan, dua pemain dari wilayah eks Karesidenan Surakarta yakni Adi Joko dan Amar merupakan awak pelatnas sepak bola CP pada APG Malaysia 2017. Sementara Timin dan Sugiyatno adalah pemain pendatang baru.

‘’Timin dulu atlet dari atletik. Tapi dia pernah masuk tim sepak bola CP memperkuat Indonesia pada single event di Malaysia tahun 2015. Waktu itu dia bahkan masuk tim inti sebagai gelandang kanan. Sedangkan kemampuan Sugiyanto akan kami cermati,’’ tutur Anshar.

Menurut dia, para atlet dari Solo dan sekitarnya tersebut memiliki peluang besar untuk masuk dalam pelatnas. Namun karena cukup lama tidak bergabung dalam latihan bersama, maka berbagai hal menyangkut kebugaran dan kemampuan fisiknya akan dites lagi. Selain itu, kemampuan teknik olah bola dalam kerja sama tim bakal betul-betul dicermati.

‘’Biasanya, para atlet itu turut bermain dalam latihan-latihan di kampung. Jadi kami harapkan kondisinya tetap terjaga, serta mampu menunjukkan kemampuan terbaik saat seleknas nanti,’’ tambah dia.(SW)

Baca : Perenang Solo Bawa Pulang Lima Emas

Tinggalkan Pesan