Ini Alasan Pemkot Bongkar Joglo Sriwedari

taman-sriwedari

SOLO,suaramerdeka.com-Pemerintah Kota Surakarta segera melakukan pembongkaran Joglo Sriwedari. Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta, Hasta Gunawan, Selasa (19/3).mengatakan, proses pembongkaran bangunan bersejarah itu di mulai dari atap pendopo. Setelah itu, tiang-tiang pendopo yang akan dibongkar setelah semua atap terlepas dari rangkanya.
“Tiang Joglo Sriwedari itu bukan dari kayu jati, melainkan beton cor yang bagian luarnya ditutup kayu. Sehingga tak akan bermasalah jika dibongkar,” ujar Hasta.

Baca : Menko Puan Minum Jamu Bareng Warga Sukoharjo

Menurutnya pembongkaran joglo diselesaikan hingga satu pekan kedepan, hal itu jika tak ada kendala yang berarti. Nantinya beberapa bangunan sekretariat paguyuban seni diminta berpindah terlebih dahulu.

“Kios yang biasa digunakan untuk sekretariatan berbagai paguyuban seni, kami minta berpindah sementara waktu. Kegiatan seni atau lainnya kami arahkan menggunakan Museum Keris atau Balai Kelurahan terdekat,” jelas Hasta.

Pemkot Surakarta memastikan kawasan yang dulunya sebagai Taman Hiburan Rakyat Solo steril. Pasalnya, Masjid Taman Sriwedari Solo (MTSS) segera dibangun oleh pemerintah. Rencana pembangunan MTSS ini sudah berlangsung lama. (Ilham Baktora)

Baca : April, Penataan Kawasan PKL Kottabarat Rampung Capai 50 Persen

Tinggalkan Pesan