Perizinan Galian C Ada Di Pemprov, Daerah Tidak Ikut-ikut

bocah-tenggelam-kra3

KARANGANYAR,suaramerdekaslo.com – Perizinan galian C ada di Pemerintah Provinsi, daerah tidak ikut-ikut. Mulai dari Kantor Perizinan Terpadu, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Lingkungan Hidup, tidak ada kewenangan apapun. Karena itu jka ada masalah, semuanya pemprov yang tahu.

Hal itu dikemukakan Titik Umarni Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Karanganyar saat dimintai konfirmasi soal genangan bekas galian C yang memakan korban jiwa karena tiga anak tewas setelah tercebur di genangan bekas galian C di Gondangrejo.

Titik hanya bisa mengungkapkan keprihatinannya atas musibah tersebut, dan semoga bisa menjadi perhatian dari pihak yang berwenang atas terjadinya musibah itu. Sebab korban akibat dari genangan karena bekas galian C yang tidak ditimbun lagi sehingga jadi kedung air.

Baca : Tragis, Bermain di Kubangan Bekas Tambang, 3 Bocah Tenggelam

Baca : Ahli Waris Pindahkan Lima Makam di TPU Bendungan

Korban tiga anak-anak itu karena tidak diketahui bermain di dekat bekas galian C tersebut. Kemudian mereka ternyata tertarik untuk mencoba mandi. Genangan ternyata sangat dalam, lebih dari dua meter dan anak-anak itu tidak bisa berenang sehingga tenggelam dan tewas.

Sementara itu Kepala Satpol PP Kurniadi Maulato mengatakan, kewenangan memang ada di pemprov termasuk penindakan jika ada pelanggaran. Satpol PP Karanganyar yang punya staf penindakan pelanggaran perda tidak diberi kewenangan sama sekali soal itu.

‘’Kalau masalah ini Satpol PP betul-betul tidak diberi kewenangan apa-apa. Kami ibarat orang impotent tidak bisa berbuat apapun. Semuanya pemprov,’’ kata dia.

Sementara itu dalam klausul perjanjian, pemegang izin galian C memang harus mengembalikan bekas galian C seperti semula, ditanami agar bisa menjadi hijau atau menimbun bekas galian jika menjadi genangan air akibat tanahnya digali untuk tanah galian.(JDH)

Baca juga : Pesona Air Terjun Surgawi

 

Tinggalkan Pesan