Superhero Dongeng Ke Anak-Anak

1
super-hero-mendongeng

*Peringati Hari Dongeng Sedunia

SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com – Dalam rangka hari dongeng sedunia relawan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sukoharjo mendongeng di salah satu sekolah, yaitu SD Gayam 1 Sukoharjo. Mereka mendongeng dengan memakai kostum superhero untuk menarik anak-anak, seperti Superman, Gatutkaca dan Pergiwa istri Gatutkaca.  

Dalam aksinya ini juga diselingi dengan lagu-lagu anak. Serta adanya penyuluhan mengenai jajanan sembarang yang berbahayan dan menjauhi gadget. “Ini untuk menghibur anak-anak dalam rangka memperingati hati dongeng sedunia. Kita mendongeng special selama dua jam,” ujar penyuluh Penyuluhan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) BNK Sukoharjo, Agus Widarnako, kemarin.

Kegiatan dengan nama program superhero save children ini juga untuk merifesh apakah anak-anak masih suka dongeng atau tidak. Ternyata masih suka dan ingat, bahkan sering di dongeng orang tua. Karena memang sekarang ini mendongeng itu sudah luntur dengan teknologi yang semakin maju, seperti adanya handphone (HP).

Baca : 1.503 Kader Siaga Trantib Dilibatkan Pam Pilpres

Baca :Warga Kartasura Ngadirejo Tukar Sampah Dengan Uang

“Lewat ini juga mengajak anak-anak untuk mengurangi main HP dan kembali ke budaya membaca dongeng. Ternyata mereka sangat antusias kita dongengin, ada juga yang masih di dongengkan orang tuanya sebelum tidur,”  terangnya.

Selain itu juga menyebar buku dongeng untuk dibaca bersamaan. Bukunya itu bermacam-macam, ada dongeng kisah nabi,  dongeng Nusantara maupun internasional. “Program keliling mobil dongeng ini sebenarnya sudah berjalan seminggu sekali blusukan ke paud dan TK,” imbuh dia.

Salah satu siswa lutfan mengaku senang dengan program dongeng ini. “Saya suka Gatutkaca. Gatutkaca itu merupakan anaknya Werkudor. Suka baca cerita wayang dan pingin jadi pilot,” sambung siswa kelas 4 SD ini.

Baca :Masyarakat Diminta Tidak Menyuap Polisi

Sementara itu Kepala SD Gayam 1, Lilis Suryani mengatakan jika anak-anak merasa bahagia dengan kedatangan superhero. Mereka juga senang mendapat dongeng dan menyanyikan lagu-lagu anak.

“Semoga mereka selalu ceria. Ini kegiatan yang sangat bermanfaat bagi anak-anak dan bisa membangkitkan dongeng lagi,” kata dia.

Tadi juga disampaikan agar anak-anak hati-hati jika membeli jajanan yang mengandung zat berbahaya. Selain itu juga hati hati jika ketemu orang asing yang tidak dikenal dan menjanjikan sesuatu atau mengajak pergi. “Selama ini tidak ada kejadian seperti itu.  Tapi pencerahan yang disampaikan penyuluh P4GN BNK lewat dongeng superhero ini cukup bagus,” pungkasnya. (Ari Welianto)

Baca : Berpetualang Jelajahi Tanah Nenek Moyang

Tinggalkan Pesan