KPU Surakarta Terima 3.470 Permintaan Pindah Pemilih Formulir A5

kpu-surakarta

SOLO,suaramerdeka.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta, menerima permintaan pindah pemilih menggunakan formulir A5 sebanyak 3.470 pemilih. Jumlah tersebut masih akan berubah lantaran administrasi dilakukan secara online dan masih harus mencocokkan data pemilih yang ada.
“Permintaan formulir A5 atau pindah pemilih untuk melakukan pemilihan di Solo lebih kurang 3.470 orang. Kami masih menyesuaikan data tersebut dengan data yang dimiliki KPU kabupaten dan kota pemilih bersangkutan. Sehingga ada kemungkinan angkanya masih berubah-ubah,” ungkap Anggota Divisi Bidang Perencanaan, Data dan Informasi KPU Surakarta, Kajad Pamudji Joko Waskito, Rabu (20/3).

Baca : Buntut Logo Dicatut Jadi Kalender Capres, Pemkab Lapor Bawaslu

Baca : KPU Sukoharjo Kerahkan 180 Tenaga Pelipat Surat Suara

Kajad menerangkan, mayoritas pendaftar formulir A5 merupakan mahasiswa dan pelajar. Namun pekerja dan beberapa masyarakat yang tinggal sementara juga mengajukan formulir A5 tersebut.

“Mayoritas pindah pemilih diajukan siswa dan mahasiswa. Menanggulangi habisnya surat suara di salah satu TPS, kami sudah menentukan lokasi TPS untuk mencoblos. Jadi, pemilih tersebut tak mencoblos di TPS yang dekat dengan tempat tinggalnya, namun kami sebar ke berbagai TPS yang ada,” ujar Kajad.
KPU tetap memprioritaskan warga Solo yang tinggal di TPS terdekat untuk memilih. Maka dari itu pemetaan dan penyebaran dilakukan, agar seluruh warga dan pemilih dengan formulir A5 mendapat surat suara.
“Kami sudah membagi secara merata, dipastikan seluruh warga mendapat surat suara yang kami sediakan. Nantinya bagi pemilih dengan formulir A5, hanya bisa memilih surat suara pilpres dan DPD RI,” kata dia.
Kajad mengungkapkan, pendaftaran pindah pemilih, baik yang masuk dan keluar telah ditutup KPU setempat pada 17 Maret 2019 lalu. Sesuai dengan aturan PKPU no 7/2017, pendaftaran formulir A5 ditutup hingga H-30 sebelum pemilihan berlangsung. (Ilham Baktora)

Baca : Pemusnahan Limbah Jarum Suntik Pemkot Tunggu Izin Kepolisian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here