157 Disabilitas Ikuti Pelatihan Keterampilan

pelatihan-disabilitas2


SOLO,suaramerdekasolo-Sebanyak 157 penyandang disabilitas yang terdiri tuna daksa, tunanetra, grahita dan tuna rungu mengikuti pelatihan keterampilan sebagai upaya pemberdayaan kaum difabel. Kegiatan yang diselenggarakan Thisable Enterprise itu dilaksanakan di Klinik Pijat Tuna Netra Bhakti Candrasa, Jalan Dr Radjiman, Laweyan, Solo, Kamis (21/3).
Head of Bussiness Development, Thisable Enterprise, Nicki Clara menerangkan kegiatan yang mengangkat tema Festival Vokasi TemanDisabilitas itu mendorong masyarakat disabilitas lebih percaya diri dan memberdayakan mereka lebih siap berada di tengah lingkungan kerja.
“Thisable Enterprise merupakan social enterprise di bidang employment service yang berdiri sejak 2011 di Jakarta.

Baca : Ajarkan Kepedulian melalui Dongeng

Baca : 469 Siswa Semaba PK TNI AU Dilantik

Misi kami adalah memberdayakan dan menjadi wadah bagi penyandang disabilitas untuk berbaur di lingkungan kerja. Berbasis di ibukota, kami mulai mengenalkan diri ke daerah-daerah lain untuk memberi pelatihan dan keterampilan disabilitas agar lebih siap hidup ditengah masyarakat,” ungkap Nicki saat ditemui disela pelatihan.
Menurutnya, pemberdayaan yang dilakukan organisasi sosial tersebut mengarahkan kepada kemandirian disabilitas secara ekonomi, baik bekerja di suatu perusahaan atau membangun lapangan kerja mandiri. Dengan demikian Thisable Enterprise berupaya melakukan pelatihan, pendampingan serta evaluasi terhadap penyandang disabilitas yang nantinya terjun di berbagai perusahaan.
“Tahap ini kami baru mengenalkan dan melakukan pendataan disabilitas di tiap daerah. Kami juga memberikan pelatihan berupa bagaimana berkomunikasi yang baik dilingkungan kerja, marketing dan keterampilan lain. Nantinya pendampingan dan pelatihan terus kami lanjutkan agar disabilitas yang bergabung dengan kami makin matang dan siap berada di tengah lingkungan kerja,” ungkapnya. (Ilham Baktora)

Baca : Sepak Bola Celebral Palsy Saring 14 Pemain

 

Tinggalkan Pesan