8 Hari, Proses Sortir dan Pelipatan Surat Suara DPR RI dan DPRD Provinsi

0
sortir-surat-suara
KARANGANYAR,suaramerdeka.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar mulai menyortir dan melipat surat suara untuk pemilihan anggota DPR RI dan DPRD Provinsi Jateng. Logistik tersebut tiba di Karanganyar pada Selasa (19/3) lalu dan mulai disortir sekaligus dilipat pada Rabu (20/3). 
Dengan tibanya surat suara untuk pemilihan DPR RI dan DPRD Provinsi Jateng tersebut, maka surat suara yang belum diterima KPU Karanganyar tinggal untuk pemilihan DPRD Kabupaten Karanganyar. 
Pelaksana Harian Ketua KPU Karanganyar Muhammad Maksum menjelaskan, surat suara DPR RI dan DPRD provinsi yang diterima jumlahnya total sebanyak 1.417.856 lembar. 
“Masing-masing 708.928 lembar untuk DPR RI dan 708.928 lembar untuk DPRD provinsi. Dikemas dalam 1.418 dus, tiap dus berisi 500 lembar surat suara,” jelasnya, kemarin.  
Muatan langsung dibawa ke gudang KPU di Gedung PKPRI di kawasan Cangakan. Untuk sortir dan pelipatan, dilakukan di dua lokasi, yakni Gedung PKPRI dan kantor Kelurahan Jungke. 
“Penyortiran dan pelipatan dimulai Rabu, melibatkan 240 orang tenaga sortir. Mereka dibagi menjadi 20 kelompok. Tiap orang mendapat honor Rp 100 per lembar untuk sortir dan pelipatan. Untuk pekerjaan di kantor Kelurahan Jungke, hanya sebatas sortir dan lipat. Setelah selesai, dibawa ke Gedung PKPRI untuk disimpan,” tuturnya. 
Maksum mengatakan, rencananya proses sortir dan pelipatan akan berlangsung selama delapan hari. Untuk urutan pekerjaannya, dimulai dari surat suara DPR RI terlebih dahulu, baru dilanjutkan penyortiran surat suara DPRD provinsi.  
Ditambahkannya, KPU sampai saat ini masih menunggu pengiriman surat suara untuk pemilihan anggota DPRD kabupaten. “Belum ada informasi, kapan akan dikirim ke Karanganyar. Tinggal tersisa yang DPRD kabupaten,” imbuhnya. (Irfan Salafudin) 

Tinggalkan Pesan