Pelatihan Kerja Difabel Harus Berkelanjutan

0
pelatihan-disabilitas1


SOLO,suaramerdekasolo-Isu ketenagakerjaan masih menjadi persoalan di Indonesia, terlebih bagi mereka penyandang disabilitas. Walau pemerintah telah membuat berbagai regulasi, masih banyak penyandang disabilitas yang kesulitan dalam mencari kerja hingga hari ini. Oleh sebab itu, pelatihan kerja harus berkelanjutan agar kemampuan penyandang disabilitas benar-benar tersalurkan.
Organisasi sosial, Thisable Enterprise yang mewadahi penyandang disabilitas agar siap terjun di tengah masyarakat, melihat keberlanjutan pelatihan harus terus dilakukan. Maka dari itu, organisasi yang terbentuk pada 2011 lalu di Jakarta menilai pendampingan terhadap para disabilitas harus terus dievaluasi agar mereka lebih matang bekerja di sebuah perusahaan.

Baca : Jadi SD Swasta Rujukan, Begini Kiat SD Muhammadiyah 1 Surakarta

“Kami memulai di Jakarta dan sekitar 350 penyandang disabilitas telah kami berikan keterampilan. Jumlah tersebut terus kami pantau dan evaluasi perkembangannya selama berada di perusahaan yang mereka tempati. Tak berhenti di ibukota, kami rasa kota-kota lain perlu untuk diberdayakan dan nantinya kami perluas cakupan untuk mewadahi disabilitas di berbagai daerah lainnya,” kata Head of Bussiness Development, Thisable Enterprise, Nicki Clara saat diwawancarai pada Festival Vokasi TemanDisabilitas, di Klinik Pijat Tuna Netra Bhakti Candrasa, Jalan Dr Radjiman, Laweyan, Solo, Kamis (21/3).
Menurutnya, pemberdayaan yang dilakukan organisasi sosial tersebut mengarahkan kepada kemandirian disabilitas secara ekonomi, baik bekerja di suatu perusahaan atau membangun lapangan kerja mandiri.

Baca : 8 Hari, Proses Sortir dan Pelipatan Surat Suara DPR RI dan DPRD Provinsi

Dengan demikian Thisable Enterprise berupaya melakukan pelatihan, pendampingan serta evaluasi terhadap penyandang disabilitas yang nantinya terjun di berbagai perusahaan.
“Tahap ini kami baru mengenalkan dan melakukan pendataan disabilitas di tiap daerah. Kami juga memberikan pelatihan berupa bagaimana berkomunikasi yang baik dilingkungan kerja, marketing dan keterampilan lain. Nantinya pendampingan dan pelatihan terus kami lanjutkan agar disabilitas yang bergabung dengan kami makin matang dan siap berada di tengah lingkungan kerja,” ungkapnya. (Ilham Baktora)

Baca : Warga Deklarasikan Kampung Jokowi

Tinggalkan Pesan