1.500 Personil Siap Amankan Pemilu di Karanganyar

pengamanan-pemilu-kra

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Sebanyak sekitar 1.500 pasukan gabungan TNI, Polri, Satpol PP. Dan juga LLAJ disiapkan untuk mengamankan pemilu. Mereka digelar di jalan depan Mapolres Karanganyar, dan semua dinyatakan siap mengamankan pelaksanaan pemilu damai.

‘’Kita berharap pemilu bisa terlaksana dengan penuh kedamaian dan ketertiban. Kita sudah berikrar damai, mulai pengamanan, Muspida, masyarakat, parpol, dan semua saja yang terlibat dalam pemilu seperti KPU, Bawaslu, dan lainnya,’’ kata Kapolres AKBBP Catur Gatot Efendy yang didampingi Muspida, kemarin.

Dia berharap saat mulai kampanye terbuka nanti, didahului dengan krar damai sehingga kampanye yang sejuk pun bisa terlaksana karena semua bertujuan mendapatkan simpati dari masyarakat. Karena itu sebaiknya justru dimulai dengan kampanye yang simpati, penuhi aturan yang ada, pakai helm, taati peraturan, karena itu juga akan menumbuhkan simpati masyarakat.

Baca : Pengawas TPS di Karanganyar Kurang 246 Orang

Dalam kesempatan itu Muspida juga mengecek seluruh persiapan peralatan dan kesiapan pasukan keamanan yang seluruhnya diapelkan. Kapolres, Dandim, dan Kajari bahkan mengendarai sepeda motor polisi keliling kota untuk memantau situasi.

‘’Semua masih kondusif, aman dan tertib, semoga keadaan ini akan terus terlihat setiap hari sampai nanti pelaksanaan hari H pemilu pada 17 Juni mendatang. Saya  kembali mengingatkan bahwa pemilu menjadi pertaruhan dan ajang konsolidasi bangsa Indonesia yang akan memilih pemimpin baru.’’

Menurutnya, ajang pemilu bukan ajang untuk mengadu calon pemimpin, parpol pendukung,dan masyarakat yang memilih calon-calon presiden,  namun lebih pada saling mengunggulkan program para calon pemimpin satu dengan lainnya,’’ kata dia.

Anggota KPU Devid Wahyuningtyas mengatakan, saat kampanye terbuka yang dimulai 24 Maret besok, sudah dibagi lapangan yang akan ditentukan, antara lain Alun-alun Karanganyar dan 17 lapangan lainnya di 17 kecamatan.

Baca : Anggota Linmas, PPK dan PPS Ikuti Simulasi Pengamanan Pemilu

Semua sudah diketahui oleh parpol dan calon anggota legislatif yang mengajukan izin untuk melakukan kampanye terbuka. Adapun siapa saja yang akan melakukan kampanye, semua sudah ada di tangan kepolisian soal perizinannya.

Khusus untuk calon presiden, lokasi kampanye sudah ditentukan, dan waktunya diberikan masing – masing dua hari untuk paslon 01 dan dua hari untuk paslon nomer 02. Dengan demikian tidak ada relawan yang saling bertemu pada hari yang sama karena jadwalnya dipisah.

Yang penting tinggal itikad masing-masing pendukung pasangan calon baik paslon presiden maupun paslon anggota parpol pendukung untuk tetap mengedepankan kedamaian dan simpati selama masa kampanye terbuka untuk mendapatkan simpati rakyat.

Kapolres AKBP Catur Gatot Efendy mengingatkan siapapun untuk mewaspadai berita yang beredar, agar diteliti betul kebenarannya sehingga saat tersebar ke masyarakat berita itu disikapi dengan baik, dan tidak mengakibatkan pengaruh buruk.(JDH)

Baca : Buntut Logo Dicatut Jadi Kalender Capres, Pemkab Lapor Bawaslu

 

Tinggalkan Pesan