Bawaslu Rekomendasikan Pemberhentian Seorang Carik

2
bawaslu-sukoharjo
SUKOHARJO,suaramerdekasolo.comBawaslu Kabupaten Sukoharjo merekomendasikan pemberhentian Sekdes Dalangan Kecamatan Tawangsari yang dinilai melakukan pelanggaran berat.
Surat rekomendasi No.028/Bawaslu Prov JT-25/HK.08/III/2019, perihal penerusan pelanggaran di luar perundangan-undangan pemilu dikirimkan ke Kepala Desa Dalangan. 
Bawaslu sendiri dalam surat itu juga menggunakan sejumlah dasar. Di antaranya, UU No.6 Tahun 2017 tentang Pemilu, UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa, Perbawaslu No.7 Tahun 2018 tentang Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran, serta laporan No.003/LP/PP/Kab/14.31/II/2019 tanggang 19 Februari.
Dalam surat tersebut dijelaskan, berdasarkan keputusan rapat pleno anggota Bawaslu Sukoharjo terhadap dugaan pelanggaran pemilu sebagaimana dalam laporan No.003/LP/PP/Kab/14.31/II/2019, laporan pelanggaran di luar UU Pemilu. Khususnya pasal 51 huruf (b), (C) dan (j), jo pasal 53 ayat 1 huruf (c), ayat 2 huruf (d) UU No.6 tahun 2014 tentang Desa. 
“Bawaslu mengirimkan surat ke Kepala Desa Dalangan dan merekomendasikan pemberhentian Supriyanto sebagai Sekretaris Desa,” jelas Bambang.
Pemberian rekomendasi tersebut dilatarbelakangi bahwa yang bersangkutan telah melakukan penyalahgunaan wewenang, ikut serta dan atau terlibat dalam kampanye pemilu, kepala daerah. “Atas dasar tersebut, yang bersangkutan bisa dijadikan sebagai perangkat di luar Sekretaris Desa atau bisa atau dinonaktifkan. Hal tersebut menjadi kewenangan sepenuhnya Kepala Desa. Surat sudah kami kirimkan ke Kades termasuk ke Camat,” jelasnya. (Heru Susilo)

Tinggalkan Pesan