Emak-emak Millenial Kartasura Deklarasi Anti Hoax

2
deklarasi-emak-emak

SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo mendeklarasikan Emak-emak Millenial Kartasura Anti Hoax di Aula Kantor Kecamatan Kartasura, Jumat (22/3). Ini untuk menangkal berita-berita yang tidak benar dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 nanti.

“Kami mengajak dan mengandeng emak-emak (ibu-ibu) untuk terlibat dalam pelaksanaan Pemilu 2019 nanti. Cara yang dilakukan dengan melawan hoax atau berita-beria yang tidak benar,” ujar Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Sukoharjo, Muladi Wibowo disela-sela acara, kemarin.

Deklarai Emak-emak anti hoax ini merupakan bagian dari upaya untuk mengantisipasi informasih yang tidak benar beredar di masyarakat. Bagaimana jika menerima berita yang belum jelas jangan disebarkan, kalau bisa di kroscek dulu sumbernya. Sehingga akan tahu itu masuk berita hoax atau berita benar.

“Emak-emak ini punya peran untuk menangkal dan tidak ikut menyebarkan berita yang diterima. Saat tahu ada masyarakat yang dapat berita bisa diminta dan di cek dulu kebenarannya,” imbuhnya.

Baca : Henry Indraguna, Pengusaha dan Pengacara Sukses

Berita hoax ini jelas sangat merugikan dan tidak bisa di duga itu berasal darimana. Itu banyak bereda di media sosial (medsos) yang sebagian besar masyarakat itu menggunakan, seperti facebook (FB), Whatsapp, maupun Instagram. Menjelang Pemilu jelas banyak yang menyudutkan caleg maupun pasangan calon presiden dan wakil presiden.

“Kami berharap lewat komunitas emak-emak millenial ini bisa meminimalisir dampak dari berita hoax. Mungkin bisa memberikan informasi pembanding atas berita yang beredar,” katanya.

Biasanya masyarakat itu hanya melihat judul berita saja yang bagus lalu menyebarkan ke medsos. Jadi tidak melihat isinya, padahal itu tidak benar dan merugikan masyarakat.”Masyarakat itu tidak terlalu menilai substansi, tapi lebih banyak membagi sensasi. Bahkan tidak membaca isinya terlebih dahulu hanya berdasarkan judul berita,” terang dia.

Ketua Panwascam Kartasura, Drajat Prio Utomo mengatakan jika emak-emak millenial ini untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019. Mereka itu berasal dari berbagai wilayah di Kecamatan Kartasura, jadi tersebar.

“Kita berharap pelaksanaan Pemilu nanti berjalan lancar dan sukses tidak ada masalah,” katanya. (Ari Welianto)

Baca : Rekomendasi Pemberhentian Carik, Dinilai Offside

Tinggalkan Pesan