Tahun Ini Belum Ada Bantuan Alsintan

alsintan-karanganyar

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Tahun pemilu, tahun politik, agaknya berimbas pada bantuan alat-alat tehnologi pertanian (alsintan) yang biasanya menggerojog dari dana APBN mulai dari penetapan sampai perubahan.

‘’Tahun ini kami belum menerima satupun aliran dana alsintan itu. Biasanya kalau ada kami sudah menerima daftarnya dan iasanya ada dana pendampingnya dari APBD agar dana tersebut cair,’’ kata Supram Naryo Kadis Pertanian Karanganyar, Jumat (22/3).

Baca : 8 Hari, Proses Sortir dan Pelipatan Surat Suara DPR RI dan DPRD Provinsi

Menurutnya, penyelenggaraan pemilu agaknya menjadi salah satu sebab bantuan alsintan tidak turun ke daerah. Sebab semua dana disedot untuk pemilu yang memang membutuhkan dana besar untuk pelaksanaannya.

Karena itu dia meminta maaf kepada para petani jika bantuan alsintan belum ada dari pusat. Biasanya alsintan itu turun untuk memacu para petani meningkatkan produksinya. Sebab jika menggunakan alsintan maka petani agak sedikit bisa menekan ongkos produksinya sehingga hasil panenan bisa lebih banyak masuk ke kantong.

Supram Naryo mengatakan, beberapa tahun terakhir, bantuan alsintan datang cukup banyak ke petani, langsung berupa barang. Karena itu Dinas Pertanian tinggal menyerahkan saja pada petani, tidak susah-susah pengadaan sendiri yang kadang malah menghabiskan energi. ‘’Lebih enak kalau bantuan sudah dalam bentuk barang dan langsung ke petaninya, kita tinggal kebagian menyerahkan saja. Sebab sudah by name by adress, tinggal memanggil siapa petani penerimanya, kita cocokkan datanya, selesai.’’

Yang jelas, dia kembali meminta maaf kalau tahun ini belum ada, bahkan yang tahun kemarin saja masih tersisa belum diberikan atau belum dikasih oleh pemerintah pusat.(Joko DH)

Baca : Makam Bendungan Ambrol Dampak Bangun Jalan Tanpa Perbaiki Saluran

 

Tinggalkan Pesan