Target RPJMD Jadi Prioritas Sekda Definitif

ahyani-sekda-solo

*Ahyani Dilantik sebagai Sekda Surakarta 

SOLO,suaramerdekasolo.com – Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BPPPD) Surakarta, Ahyani, dilantik Wali Kota FX Hadi Rudyatmo sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) definitif, Jumat (22/3). Target-target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 yang telah dirumuskan Pemkot, langsung menjadi salah satu prioritas awal dalam pekerjaannya.
“Penyelesaian target RPJMD itu sangat penting. Di dalamnya sudah ditetapkan capaian-capaian berikut indikator-indikatornya,” ungkap Ahyani, usai pelantikan di Balai Tawangarum.
Salah satu program dalam RPJMD yang digarisbawahi Sekda adalah pengentasan kemiskinan di Kota Bengawan. “Sebenarnya saat ini angka kemiskinan di Solo sudah di bawah angka rata-rata nasional. Tapi Pemkot menganggap masih tinggi. Saat ini masih di kisaran 9 persen (dibanding total penduduk), sementara target kami adalah 6-7 persen. Jadi ke depan program-program pengentasan kemiskinan itu akan dioptimalkan, hingga tingkat kemiskinan bisa berkurang sampai kisaran 7 persen pada akhir tahun RPJMD.”

Baca : Bendung Karet Tirtonadi Diawasi 24 Jam

Baca : Jawab Keluhan Pedagang, Akses Parkir Pasar Klewer Dibuka

Guna mendukung upaya tersebut, Pemkot bakal memaksimalkan penyusunan anggaran dalam APBD Perubahan 2019 dan APBD 2020. Ahyani juga menekankan, kolaborasi seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) juga penting guna merealisasikan target-target tersebut.
“Saat ini sudah menjelang akhir tahun pelaksanaan RPJMD. Tentu koordinasi harus ditingkatkan, sebab jika terjadi deviasi akan sulit dilakukan penyesuaian kembali. Intinya, injury time jangan sampai blunder,” tandasnya.
Pelantikan kemarin juga menandai berakhirnya masa jabatan Penjabat (Pj) Sekda Untara, yang menjabat sejak Agustus 2018. Di hadapan pimpinan Muspida, aparatur sipil negara (ASN) dan tamu undangan yang hadir dalam pelantikan tersebut, Wali Kota berharap agar Ahyani bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya.
“Penyusunan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) 2020 dan Rancangan APBD 2020 harus dikedepankan. Hasil-hasil musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) juga membutuhkan pengawalan Sekda, mulai penyusunan KUA PPAS APBD Perubahan 2019,” kata dia.
Wali Kota juga berharap Sekda baru tersebut mampu membimbing dan mengayomi seluruh ASN. “Kalau ada yang tidak pas, mohon diarahkan,” tandas Rudy, sapaan akrab Wali Kota. (Agustinus Ariawan)

Baca : 157 Disabilitas Ikuti Pelatihan Keterampilan

 

Tinggalkan Pesan