Kampanye Terbuka Pemilu 2019 Berganti Tiap 2 Hari

3
kampanye-terbuka
KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com. Masa kampanye rapat umum untuk pemilu 17 April telah dimulai. Jadwalnya berlangsung antara Minggu (24/3) hingga Sabtu (13/4). 
Komisi Pemiliham Umum (KPU) Karanganyar menetapkan, jadwal kampanye untuk pasangan calon (paslon) presiden-wakil presiden nomor urut 01 dan 02 bergantian setiap dua hari.  
Kampanye dibuka untuk paslon nomor 02 pada Minggu dan Senin (24/3), disusul paslon nomor 01 pada Selasa dan Rabu (26-27/3). Urutan tersebut berlangsung seterusnya hingga masa kampanye berakhir pada 13 April. 
Khusus untuk 3 April, KPU Karanganyar menetapkan tidak ada jadwal kampanye, karena bertepatan dengan peringatan Isra’ Mi’raj yang merupakan hari libur nasional. 
Plh Ketua KPU Karanganyar Muhammad Maksum mengingatkan, agar seluruh tim kampanye maupun pendukung paslon 01 dan 02, juga partai pengusung paslon, menaati seluruh aturan selama masa kampanye. Termasuk proses sebelum kampanye berlangsung, juga harus ditaati. 
“Penetapan lokasi kampanye melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Kemudian untuk oenyusunan jadwal, melibatkan peserta pemilu,” katanya, ditemui usai rapat koordinasi penyampaian jadwal kampanye rapat umum pemilu 2019 di Sekretariat KPU Karanganyar, Sabtu (23/3). 
 
Dikatakannya, seluruh pihak diminta untuk menjaga kondusivitas. Sebab, kampanye rapat umum melibatkan massa dalam jumlah banyak. “Kami berharap, kampanye rapat umum ini menjadi kegiatan yang baik dan positif. Karena itu, hormati dan taati aturan yang ada. Ikuti prosedur yang ditetapkan, untuk legal formal kegiatan,” imbuhnya, 
Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat Devid Wahyuningtyas menambahkan, hingga Sabtu (23/3) siang, KPU  belum menerima surat tembusan terkait kegiatan kampanye di wilayah Karanganyar. 
Menurutnya, kewenangan pemberian izin ada pada polisi. “Kami berkoordinasi dengan kepolisian. Sejauh ini belum ada tembusan surat tanda terima pemberitahuan (STTP) yang masuk,” tuturnya. 
Terpisah, Ketua Tim Kemenangan Daerah (TKD) Karanganyar Endang Muryani mengatakan, masih berkoordinasi dengan parpol pengusung dan pendukung paslon 01 untuk penyelenggaraan kampanye terbuka di Karanganyar. 
Dia juga meminta pada seluruh simpatisan dan pendukung, untuk melaksanakan kampanye sesuai aturan yang ada. “Kami tidak akan membatasi, sepanjang tidak keluar dari aturan yang ada,” imbuhnya. 
Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Karanganyar Yulianto mengatakan, kampanye rapat umum untuk paslon 02 akan digelar di sejumlah lokasi di Jateng, termasuk di Solo. 
“Wilayah sekitar Kota Solo nanti meramaikan. Untuk kampanye, kami lebih banyak meminta untuk menggelar kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat. Tidak perlu konvoi, hura-hura, eforia,” katanya. (Irfan Salafudin) 

Tinggalkan Pesan