Klaten Bawa Pulang 8 Emas Popda Jateng

sepeda-popda-klt

*Renang Sumbang Medali Terbanyak

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Kontingen Kabupaten Klaten berhasil membawa pulang 8 medali emas dari Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat SMP yang berlangsung di Semarang, pekan lalu. Medali emas disumbangkan tiga cabang olahraga, yakni renang yang menyumbang 4 emas, silat dengan 3 emas dan gulat dengan 1 medali emas.
Yang mengejutkan, cabang panahan yang biasanya menjadi penyumbang tetap medali bagi kontingen Klaten, tahun ini justru gagal membawa pulang medali. Mereka kalah bersaing dengan atlet dari Solo, Banyumas, Semarang dan beberapa kota lain di Jawa Tengah.
Meski beberapa cabang andalan gagal meraih medali, namun tahun 2019 ini, Klaten berada di urutan keempat dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah yang mengikuti Popda. Posisi teratas ditempati Solo, Semarang, dan Banyumas.

Baca : Juara Jateng, Anisa Fungki Dikirim ke Thailand

Baca : 17 Pesilat Pelatnas Digembleng di Solo


‘’Dari 9 cabang olahraga yang diikuti kontingen Klaten, kami mendapat 9 medali emas. Cabang panahan yang diandalkan meraih emas, justru gagal. Klaten kalah dengan Solo karena mereka mempunyai Kelas Khusus Olahraga (KKO), sedang Klaten belum punya,’’ kata Kasi Olahraga Disparbudpora Klaten, Isnanto Hadi, Minggu (24/3).
Dia menyinggung keberhasilan sejumlah kabupaten/kota yang mempunyai KKO di beberapa cabang olahraga. Dicontohkan Solo yang mengalokasikan anggaran cukup besar sekitar Rp 4 miliar untuk satu angkatan KKO. Hasilnya pembinaan dalam KKO memang sangat dirasakan dengan dengan hadirnya prestasi.

Baca : Silat Solo Hanya Sabet Sekeping Emas

Tahun ini, ada 15 cabang olahraga yang dipertandingkan di Popda Jateng. Namun, tim Klaten hanya mengirimkan atlet untuk 9 cabang olahraga saja. Ada beberapa cabang olahraga beregu yang tidak diikuti, seperti bola voli, sepak takraw, karate, basket dan sepak bola. Hal itu karena gagal dalam babak penyisihan di tingkat eks karesidenan Surakarta. Di samping itu, beberapa cabang belum ada di Klaten yakni dayung tinju dan yudo.
Renang menyumbang medali terbanyak dengan 4 emas, 2 perak dan 2 perunggu, pencaksilat 3 emas 2 perunggu, gulat 1 emas, dan tenis lapangan 1 perunggu. Sedangkan taekwondo, panahan, bulutangkis, dan tenis meja gagal meraih medali.(F5)Klaten Bawa Pulang 8 Emas Popda Jateng. (Merawawati Sunantri)

Baca : Era Milenia, Olahraga Tantangan Berkembang Pesat

 

Tinggalkan Pesan