LPPKBIH Jateng Siapkan Fisik dan Mental Calhaj

0
manasik-haji-LPPKBIH
n

*Manasik di Asrama Haji Donohudan

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Jamaah calon haji dari berbagai wilayah di Jateng mengikuti kegiatan manasik haji yang diselenggarakan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan KBIH (LPPKBIH) Muhammadiyah/Aisyiyah Jateng selama tiga hari dua malam di kompleks Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Ratusan jamaah ini mendapatkan gemblengan secara fisik, mental dan tentunya pengetahuan-pengetahuan tentang rukun haji. Dengan memakai baju irham (kain/kerudung serba putih) jamaah didampingi instruktur/pembimbing menyelesaikan tahap demi tahap yakni, niat ihram, thawaf, sa’i, wukuf, tahalul, tertib.
Ketua LPPKBIH Muhammadiyah/Aisyiyah Jateng, Muhtar Hadi menjelaskan, ada sejumlah aspek-aspek yang dikembangkan dalam kegiatan manasik haji ini.
Bagi para pembimbing haji, manasik haji ini sebagai sarana untuk memperkuat koordinasi sebelum dan selama pelaksanaan haji. Bagi calhaj, manasik ini sangat diperlukan sebagai bekal dan pengetahuan sebelum menghadapi musim haji mendatang.

Baca : Difasilitasi Madinah Iman Wisata, 350 Jamaah Diterbangkan ke Tanah Suci

Baca : IMBI Jadoel, Tempat Kiprah Anggota IMBI Senior

“Jadi ada dua hal penting yang akan diambil hikmahnya dalam manasik ini, yakni tentang kualitas pelayanan (LPPKBIH Muhammadiyah/Aisyiyah Jateng-red) kepada jamaah. Untuk internalnya, organisasi dan koordinasi pembimbing agar terus membaik,” terangnya.
Lebih lanjut Muhtar Hadi mengungkapkan, manasik haji kali ini menjadi spesial karena pihaknya memanfaatkan momentum ini untuk memperkuat variasi metodologi manasik haji. Unsur-unsur organisasi antara calhaj dan pembimbing haji dalam proses manasik. Lalu pelayanan selama manasik yang lebih baik inilah yang akan dikembangkan terus.
“Kami sedang mengembangkan variasi metodologi manasik. Nah, saat ini kami bareng bareng lebih bersemangat. Untuk hari ini (Sabtu kemarin), baru separuh jamaah yang hadir,” imbuhnya.
Agus, salah peserta manasik haji dari Semarang mengaku beruntung bisa ikut dalam manasik haji di Asrama Haji Donohudan Boyolali. LPPKBIH Muhammadiyah/Aisyiyah Jateng telah membantunya memahami prosesi ibadah haji walaupun dalam tahap simulasi.
“Insyaallah saya mampu mengikuti manasik ini, berikut ibadah hajinya nanti. Doakan saja pada tahun ini bisa ikut menunaikan panggilan Allo,” ungkapnya. Agus mengatakan, selama dua hari tiga malam dia dan rombonganya asal Kota Lumpia mendapatkan pembekalan dan pengetahuan secara untuh rukun-rukun haji dan ibadah sunnah saat di Tanah Suci nanti. (Budi Santoso)

Tinggalkan Pesan