Ribuan Warga Ikuti Gerak Jalan IPHI

JALAN SEHAT – Jalan sehat Ikatan Persaudaraan Haji Karanganyar di depan Masjid Agung saat diberangkatkan Ketua IPHI Abdul Muid. (Foto/Joko DH)

 

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Sekitar 2.000-an warga masyarakat dan juga anggota Ikatan Persaudaraan haji (IPHI) Karanganyar mengikuti jalan santai yang diselenggarakan pengurus dalam rangka ulang tahun ke-29 organisasi tersebut.

Jalan sehat diberangkatkan oleh Ketua IPHI Abdul Muid, dan seluruh peserta mengitari kota sekitar lima kilometer, sebelum kembali ke Masjid Agung yang juga tempat pemberangkatan peserta. Aneka hadiah hadir berupa televisi LED dan kulkas serta hadiah lainnya dibagikan kepada peserta.

Usai jalan sehat seluruh peserta berkumpul di halaman masjid dan mendengarkan ceramah agama yang diberikan oleh Ustadz Abu Hasanudin dari Jember yang berkisah tentang haji yang menjadi rukun Islam kelima dan menjadi wajib bagi yang mampu.

Jalan sehat itu juga menjadi sarana latihan, karena ibadah haji memerlukan stamina yang kuat untuk bisa mengerjakan ibadah dengan sempurna. Sebab banyak rangkaian ibadah yang memang mengandalkan fisik saat berhaji.

Dia juga mengatakan,  saat ini banyak yang berbondong-bondong mengerjakan umroh mengingat antrean penyelenggaraan haji yang sangat panjang. Hal itu baik dan diperbolehkan, tetapi tidak menghilangkan wajib berhaji setiap masyarakat.

Dia juga menyambut baik saat warga mengisi piknik dengan umroh karena hal itu bisa menjadi cara yang baik untuk mengenalkan piknik sembari ibadah, sebab anak menjadi tidak sekadar berhura-hura saat mengisi waktu yang kosong saat liburan namun diisi dengan ibadah.(Joko DH)

 

 

Tinggalkan Pesan