Seru, Ratusan Siswa Bermain Bersama Polisi di Baleharjo

1
siswa-bermain-polisi
WONOGIRI,suaramerdekasolo.com- Lebih dari 300 anak sekolah mengikuti acara Bermain Bersama Polisi di halaman SD 1 Baleharjo, Desa Baleharjo, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri. Acara yang diselenggarakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Guyub Rukun Desa Baleharjo itu untuk menanamkan kedisiplinan sejak dini agar dapat menumbuhkan karakter unggulan pada generasi millenial.
Direktur BUMDes Guyub Rukun Dwi Suswatiningsih mengatakan, kegiatan itu diselenggarakan dengan memanfaatkan program Millenial Roadsafety Festival dari Satlantas Polres Wonogiri. “Acara itu untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Kami mengambil sasaran anak-anak sekolah di wilayah Desa Baleharjo,” katanya.
Dalam kesempatan tersebut, anak-anak datang dari berbagai SD, TK, dan kelompok bermain di wilayah Desa Baleharjo. Para orang tua, guru, dan perangkat desa juga ikut dalam acara Bermain Bersama Polisi.
Kanit Dikyasa Satlantas Polres Wonogiri Ipda Pudiyono mengatakan, pihaknya mengambi tajuk ‘Polisi Sahabat Anak” guna memberi pemahaman tentang rambu-rambu lalu lintas. Selain itu pihaknya juga menyampaikan pemahaman mengenai tujuh penyebab fatal kecelakaan lalu lintas.
Ketujuh penyebab itu adalah tidak mengenakan helm, menggunakan ponsel saat berkendara, tidak mengenakan sabuk pengaman, mengendara dalam kondisi mabuk minuman keras, pengendara di bawah umur, melanggar rambu-rambu lalu lintas, dan melampaui batas kecepatan.
Menurutnya, kegiatan tersebut bagus untuk memperkenalkan sosok polisi kepada anak-anak, sehingga terbangun pola pikir polisi tidak menakutkan namun menjadi sahabat anak. Mulai dari kedekatan itulah, polisi dapat dengan mudah menanamkan disiplin berlalu lintas sebagai bekal ketika sudah dewasa.
Camat Eromoko Danang Erawanto mengatakan, kegiatan itu sangat baik untuk penyadaran masyarakat agar lebih tertib hukum dan tertib beralu lintas. 
Kepala Desa Baleharjo Sulino mengatakan, kegiatan Bermain Bersama Polisi akan diadakan secara berkelanjutan dengan sasaran masyarakat umum, perangkat desa, ketua RT, hingga RW. Desa Baleharjo ingin menjadi desa percontohan tertib lalu lintas dengan melengkapi setiap ruas jalan dengan rambu-rambu lalu lintas. (J11-)

Tinggalkan Pesan