Belasan Napi Diajak Kerja Bakti Mengecat Mushala

0
napi-cat-mushala

SOLO,suaramerdekasolo.com- Jarang sekali narapidana (napi) diajak keluar dari rumah tahanan (rutan) untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain atau masyarakat. Hal itu rupanya dilakukan Rutan Klas 1A Surakarta.
Bersamaan menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan yang jatuh pada tanggal 27 April 2019, belasan napi diajak membersihkan, menambal lantai yang rusah hingga mengecat mushala yang ada di Kampung Mangkubumen, Banjarsari, Rabu (27/3).
Para napi yang diajak menjalankan pekerjaan di luar tampak bahagia bisa membantu membersihkan dan mengecat Mushala Al-Hidayah di Kampung Sidorejo RT 07 RW 02, Mangkubumen, Banjarsari.
Meski ditubuhnya berkeringat, namun hal itu tidak dirasa Yulianto (33). Napi kasus tindak pidana pencurian yang tinggal di Karanganyar tersebut cukup semangat mengecat mushala.

Baca : Di Boyolali, Napi Bersih- bersih Masjid

”Dulu saya bekerja sebagai buruh bangunan, jadi pekerjaan mengecat sudah biasa saya lakukan,” Yulianto disela istirahat.
Napi yang dihukum selama 10 bulan dalam perkara pencurian itu, salah satu dari belasan warga binaan yang mengikuti kegiatan ”Bakti Merah Putih” yang dilaksanakan Rutan Klas 1A Surakarta sebagai rangkaian dalam memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan yang jatuh pada 27 April 2019.
Kepala Pengamanan Rutan (KPR), Andi Rahmanto mengemukakan, menjelang Hari Bhakti Pemasyarakatan berbagai aktifitas telah dilakukan terutama untuk pengabdian sosial kepada masyarakat, termasuk donor darah, penanaman pohon maupun bersih-bersih lokasi umum di wilayah Kota Bengawan.
”Langkah ini kami lakukan bertujuan memberikan sumbangsih positif kepada masyarakat sekaligus sebagai proses asimilasi bagi para napi supaya dapat menyesuaikan keadaan saat mereka bebas nanti,” papar Andi Rahmanto mewakili Karutan Klas IA Surakarta, M Ulin Nuha.
Kegiatan sosial bagi belasan napi itu disambut takmir Mushala Al-Hidayah, Abdul Hadi. Dia berterima kasih atas kegiatan positif yang diinisiasi pihak rutan tersebut. ”Semoga, apa yang telah dikerjakan membawa manfaat dan yang mengerjakan mendapat balasan dari Allah SWT,” terangnya. (Sri Hartanto)

Baca : Rem Blong Turuni Jalur Sukuh, Honda Vario Tabrak Tembok, 2 Tewas

Tinggalkan Pesan