Superman dan Supergirl Kampanye Anti Narkoba

0
superman-anti-narkoba

BERBAGAI cara dilakukan untuk menarik perhatian kalangan milenial untuk menjauhi barang haram narkoba. Sampai-sampai harus mendatangkan dua superhero dari negeri Paman Sam, Superman dan Supergirl.
Rabu (27/3), dua superhero itu datang ke SMA Negeri 1 Karanganom, Klaten. Mereka adalah Agus Sudarnoko yang tampil dengan kostum Superman lengkap dengan otot kekar dan Vivit Sari istrinya yang mengenakan kostum Supergirl. Kehadiran mereka cukup menarik perhatian para siswa.
‘’Kami digandeng Forum Masyarakat Anti Narkoba Klaten dalam roadshow keliling ke sekolah-sekolah di Klaten. Kami mengusung konsep superhero blusukan keliling mensosialisasikan bahaya narkoba,’’ kata Danar selaku motivator dan aktifis Badan Narkotika Sukoharjo di SMAN 1 Karanganom.
Ide berkostum superhero itu diawali saat dia diminta mengisi penyuluhan untuk anak SD, TK dan PAUD. Biasanya dia berupaya menaklukan audiens dengan bermain gitar main musik. Namu, gitar tak begitu menarik bagi anak kecil. AKhirnya muncul ide mengenakan kostum superhero.

Baca : Bawaslu dan BNK Sukoharjo Luncurkan Mobil Super Hero Awas

Baca : Superhero Dongeng Ke Anak-Anak

‘’Saya punya beberapa kostum seperti Gatotkaca, Batman, Ironman dan lainnya. Ada 10 kostum yang dikumpulkan pelan-pelan dengan menabung. Ternyata di depan anak kecil, kostum sukses menarik perhatian. Begitu datang, saya sudah disambut antusias. Penyuluhan diisi dengan mendongeng,’’ ujar Danar.
Pasangan yang sebelum menikah sama-sama aktifias anti narkoba itu sudah sepakat untuk meluangkan waktu melakukan penyuluhan, minimal seminggu sekali. Dulu, tiap sosialisasi di SMA, gitar dan pakai blangkon sudah bikin menarik. Kini dicoba dengan kostum superhero, ternyata mendapat sambutan baik.
‘’Ide superhero sebenarnya bukan untuk anak SMA, tapi anak-anak akan bosan bila mendapatkan materi dengan cara serius. Meski sudah gede-gede ternyata kostum ini cukup menarik. Yang ngisi penyuluhan saja sudah mati-matian membuat audiens tertarik,’’ kata Danar sambil tertawa.

superman-anti-narkoba2
Dalam kesempatan itu, Danar dan Vivit memberikan informasi tentang jenis-jenis narkoba dan berbahayanya. Diharapkan setelah paham, para siswa akan ikut serta menyebarluaskan materi sosialisasi ke teman dan lingkungannya. Selesai di SMAN 1 Karanganom,

Baca : Peduli Sungai Dengan Mancing Bersama

Danar menjadi aktivis anti narkoba sejak 9 tahun silam, saat masih lajang. Dulu sosialisasi dilakukan di RT, RW lalu meningkat ke PAUD, TK, SD hingga SMA. Kegigihannya memerangi narkoba membuahkan penghargaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tahun 2014. Semua itu, memotifasi Danar dan Vivit untuk terus memerangi narkoba. Selesai di SMAN 1 Karanganom, mereka melakukan sosialisasi di SMAN 1 Jatinom.
Kepala SMA Negeri 1 Karanganom, Sutrisno menyambut positif ide penyuluhan denga kostum superhero. Sosialisasi bahaya narkoba sangat penting untuk menekan penyalahgunaan narkona di kalangan generasi muda.
‘’Kegiatan ini sangat positif bagi siswa-siswi SMA Karanganom karena mereka bisa mengetahui bahayanya zat-zat yang terkandung dalam narkoba,’’ kata Sutrisno. Kegiatan tersebut diikuti ratusan siswa kelas 10 dan 11.(Merawati Sunantri)

Tinggalkan Pesan