Muspida Provinsi Jawa Tengah Bersih-bersih Keraton Solo

1
muspida-resik-resik

*Nilai Gotong Royong Harus Terus Dijaga

SOLO,suaramerdekasolo.com-Gotong royong merupakan kunci yang harus dijaga dalam menjaga lingkungan Keraton tetap bersih dan asri. Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat kegiatan Resik-Resik Keraton Solo lan Uri-uri Budaya Jawi di Keraton Solo, Jumat (29/3).
“Nilai Handarbeni (rasa ikut memiliki) terhadap Keraton Surakarta harus muncul pada masing-masing warga. Maka dari itu saya mengajak Pangdam, Kapolda serta muspida di lingkup Pemprov Jawa Tengah bersama Pemkot Surakarta menyengkuyung bersama dalam menjaga Keraton dengan berbagai cerita sejarahnya,” ungkap orang nomor satu di Jawa Tengah itu pada sambutannya.
Ganjar menerangkan, Keraton yang sarat dengan sejarah serta pariwisata, menjadi situs pendidikan bagi masyarakat untuk belajar bagaimana budaya Jawa berkembang.

Baca : Disdag Bakal Tarik Retribusi PKL Malam Manahan

Selain itu pergerakan nasional yang dimulai dari Keraton menjadi hal yang harus dijaga bersama baik Pemprov, Pemkot dan masyarakat.
“Hal ini yang menjadi penting untuk terus dilestarikan, maka dari itu rasa memiliki dan nilai gotong royong harus tetap dipupuk. Sehingga Keraton kembali menjadi bersih, tidak hanya fisik namun kebersihan batin juga ikut terjaga,” ungkapnya.
Kegiatan resik-resik Keraton itu diikuti ribuan pegawai dan petugas dari Muspida Pemprov Jawa Tengah dan Pemkot Surakarta, TNI, Polri dan lainnya. Kegiatan yang diawali dengan upacara di halaman Keraton tersebut turut dihadiri Pangdam IV/Diponegro Mayjen TNI Mochamad Effendi, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam, Mayjen TNI Wawan Kustiawan, Wali Kota Surakarta, FX Rudy Hadiatmo, serta Dandim 0735 Surakarta, Letkol Inf Ali Akhwan.Resik-resik tersebut terbagi dalam enam kelompok. Kelompok 1 terdiri dari kepolisian, kelompok 2 Kodim, kelompok 3 Palang Merah Indonesia, kelompok 4 satpol PP. Kelompok 5 terdiri dari Damkar serta kelompok 6 terdiri dari BPBD.
Adik PB XIII, KGPH Dipokusumo mengatakan, segenap keluarga Keraton Kasunanan Surakarta mengucap banyak terima kasih atas perhatian pemerintah pada keraton. Khususnya jelang Tingalan Jumenengan Senin (1/4). (Ilham Baktora)

Baca : Diikuti 1.200 orang Unsur, TNI-Polri/masyarakat  Apel Resik- Resik Keraton Kasunanan

Tinggalkan Pesan