Laporkan Hasil, Pengawas TPS Dibekali Siswaslu

0
bawalsu-sragen

SRAGEN,suaramerdekasolo.com- Saat bertugas nanti, para Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) bakal dilengkapi dengan aplikasi Sistem Pengawas Pemilihan Umum atau (Siswaslu). Dimana aplikasi terintegrasi dengan ponsel milik para Pengawas TPS. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sendiri sudah melantik para Pengawas TPS, yang pelantikannya dilakukan di setiap kecamatan. Bawaslu juga memastikan, 3.360 Pengawas TPS bakal bertugas di 3.360 TPS yang akan dipergunakan di Pemilu 2019, yang tersebar di 208 desa dan kelurahan di 20 kecamatan.
“Nanti para Pengawas TPS akan dilengkapi aplikasi Siswaslu untuk melaporkan hasil di setiap TPS yang menjadi tempat mereka bertugas,” kata Ketua Bawaslu Dwi Budhi Prasetyo tatkala ditemui kemarin. Budhi mengatakan, semoga saja saat dipakai untuk mengirim laporan nanti servernya tidak mengalami masalah sehingga laporan hasil-hasil Pemilu 2019 bisa segera diterima.

Baca : Anggota Linmas, PPK dan PPS Ikuti Simulasi Pengamanan Pemilu

Baca : 8 Hari, Proses Sortir dan Pelipatan Surat Suara DPR RI dan DPRD Provinsi

Budhi mengungkapkan, para Pengawas TPS memang sudah dilantik dan diberi pembekalan. Setelah itu sebelum mereka bertugas nanti, mereka akan diberi pembinaan teknis (bintek), tentang teknis-teknis pengawasan serta hingga sampai pelaporan hasilnya. “Di TPS nanti misalnya, mereka juga harus mengawasi tujuh anggota KPPS yang ada di setiap TPS, juga proses pengisian C1 dan lain-lain,” ungkap Budhi. Dengan adanya bintek itu, diharapkan semua Pengawas TPS memiliki pengetahuan dan pemahaman teknis dan nonteknis selama mereka bertugas nanti.
Budhi menandaskan bila bintek tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Pasalnya mereka juga harus melakukan Training of Trainer (ToT) atau melatih para pelatih yang akan memberikan bintek. Karena jumlahnya sangat banyak, maka bintek Pengawas TPS juga akan dilakukan di setiap kecamatan. Yang akan memberi bintek adalah para Pengawas Kecamatan (Panwascam) masing-masing. “Kalau bintek di masing-masing kecamatan juga akan lebih efektif,” tegas Budhi.
Selain memberikan bintek kepada Pengawas TPS, Panwascam juga akan memberikan bintek kepada para saksi partai politik (parpol), yang waktu dan tempatnya terpisah. Berdasarkan data Bawaslu Sragen, ada 3.956 orang yang mendaftar sebagai Pengawas TPS. Dari jumlah itu 3.477 memenuhi syarat dan 477 tidak memenuhi syarat. Setelah diseleksi, akhirnya dipilih 3.360 orang Pengawas TPS, yang masa kerjanya hanya satu bulan saja. (Basuni Hariwoto)

Baca : 1.500 Personil Siap Amankan Pemilu di Karanganyar

Tinggalkan Pesan