SICF 2019 Jadi Ajang Promosi Wisata Kuliner

SOLO, suaramerdekasolo.com – Pemerintah pusat berharap, ajang Solo Indonesia Culinary Festival (SICF) 2019 bisa menjadi ajang promosi bagi potensi wisata kuliner Kota Solo.

Hal itu diungkapkan Deputi Pemasaran Otorita Borobudur, Agus Rochiyardi, dalam pembukaan SICF 2019 di Benteng Vastenburg, Kamis (4/4). “Cara paling cepat, paling efektif dan paling halus untuk mempopulerkan suatu tempat ke pasar global adalah penggunaan simbol budaya. Orang belum tentu pernah pergi ke Jepang, namun sudah mengenal ramen, sushi maupun bento. Demikian juga orang sudah mengenal pizza dan pasta, meski belum pernah ke Italia,” kata dia saat mewakili Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Agus menekankan, SICF harus bisa menjadikan Solo semakin dikenal khalayak karena keistimewaan kuliner-kuliner tradisionalnya. Ia pun berharap promosi sejenis bisa dikembangkan lebih jauh dan mampu mendatangkan keuntungan bagi pelaku usaha. “Apalagi di sektor pariwisata, pengeluaran wisatawan untuk kuliner berkisar 30-40 persen dari total pengeluarannya.”

SICF 2019 itu diselenggarakan di Benteng Vastenburg mulai 4-7 April. Daryono selaku ketua panitia menerangkan, pihaknya menyediakan 7.000 porsi tengkleng, sosis dan timlo untuk dibagikan kepada pengunjung selama berlangsungnya festival.

“Kami menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 30.000 orang dan transaksi senilai Rp 3 miliar,” kata Daryono.

SICF bertema Heritage itu, lanjut dia, sudah diadakan untuk kelima kalinya. “Kali ini mengangkat menu timlo dan sosis, sebagai makanan khas Solo. Tapi tengkleng tetap disediakan, karena masih menjadi primadona kuliner Solo.”

Selain membagikan makanan gratis, panitia juga menyelenggarakan demo memasak dan menyajikan berbagai menu makanan tradisional Solo guna mengedukasi khalayak. “Ada juga menu-menu tradisional Jawa lain, seperti mangut kepala manyung, nasi pengel, sega wiwit, jangan loncom, jangan lombok ijo, gandos rangin, punten ketan, dan alu-alu,” papar Daryono. (Agustinus Ariawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here