Ditinggal Menjenguk Isteri, Rumah Kartono Terbakar

0
rumah-terbakar-wonogiri

 

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com Rumah milik Kartono (80) warga Dusun Plosojenar RT4 RW5 Desa Kenteng, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri terbakar, Kamis malam (4/4). Rumah kakek itu ludes terbakar ketika ditinggal menjenguk isterinya yang sedang sakit.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati melalui Paur Subbag Humas Aipda Iwan Sumarsono mengatakan, peristiwa tersebut bermula sekitar pukul 19.30. “Awalnya, Kartono memasak nasi menggunakan tungku berbahan bakar kayu di dapur rumahnya,” kata Iwan.

Pria itu kemudian pergi meninggalkan rumah dalam keadaan kosong setelah selesai memasak. Ketika rumah dalam keadaan kosong, tumpukan kayu basah masih berada di atas tungku untuk dikeringkan. Adapun bara apinya masih menyala dari sisa pembakaran.

Dia lalu menjenguk isterinya yang sedang sakit di rumah anaknya. Adapun jarak antara rumah Kartono dengan rumah sang anak sebenarnya hanya berkisar 50 meter.

Sekitar pukul 20.30, Ny Kitri (61) tetangga korban melihat nyala api dari rumah tersebut. Perempuan itu kemudian berteriak minta tolong dan memukul kentongan.

Warga yang berdatangan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, api sudah terlanjur membesar karena sebagian besar bangunan rumah terbuat dari kayu dan bambu. Warga dan aparat kepolisian baru bisa menjinakkan api sepenuhnya beberapa jam kemudian.

Pihak kepolisian menyatakan, penyebab kerugian diduga karena korban kurang hati-hati saat mengeringkan kayu bakar di atas tungku, sehingga percikan api membakar seisi rumah. “Tidak ada korban jiwa. Kerugian marteriil sekitar Rp 15 juta,” katanya. (Khalid Yogi)

Tinggalkan Pesan