Pemilih Wonogiri Berbondong-bondong Mengajukan Pindah

FUN RUN : Para peserta berlari saat mengikuti KPU Colour Fun Run 5 K di Alun-alun Kabupaten Wonogiri, Minggu (7/4). Foto : Khalid Yogi
WONOGIRI, suaramerdekasolo.com -Pemilih di Kabupaten Wonogiri berbondong-bondong mengajukan permohonan pindah memilih di luar Wonogiri melalui mekanisme form A5. 
Jumlah pemilih yang mengajukan permohonan untuk pindah memilih (Form A5) Pemilu 2019 di Kabupaten Wonogiri meningkat lebih dari dua kali lipat dari pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 lalu.
Ketua KPU Kabupaten Wonogiri Toto Sihsetyo Adi mengungkapkan, jumlah pemilih yang mengajukan pindah pada Pilgub 2018 lalu lebih dari 1.000 orang. “Sekarang, jumlahnya meningkat berkali lipat. Hampir mencapai 4.000 orang,” katanya saat menggelar KPU Colour Fun Run 5 K di alun-alun Kabupaten Wonogiri, Minggu (7/4). 
 
Hal itu menurutnya menjadi salah satu indikasi tingginya antusiasme masyarakat untuk mengikuti Pemilu. Pasalnya, mereka rela mengurus Form A5 agar bisa menggunakan hak pilihnya meskipun tinggal atau merantau di kota lain. “Sebagian besar memohon pindah ke luar, karena banyak warga Wonogiri yang merantau,” imbuhnya.
 
Jumlah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ke dua (DPTHP-2) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten Wonogiri sebanyak 869.824 orang. Terdiri atas 430.476 orang laki-laki dan 439.348 orang perempuan. 
 
Pada Pilgub 2018 lalu, tingkat partisipasi pemilih di Wonogiri berkisar 69%. Adapun partisipasi pemilih untuk tataran nasional pada Pemilu 2019 nanti ditarget sebesar 77%. “Kami di Wonogiri menargetkan 75%,” ujarnya.
 
Di sisi lain, proses pelipatan surat suara untuk Capres-Cawapres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten telah selesai. Surat suara itu selanjutnya dikemas dan disimpan sementara di gudang-gudang milik KPU.
 
Sementara itu, KPU Colour Fun Run 5 K di alun-alun Kabupaten Wonogiri tersebut berlangsung meriah. Pihaknya menampilkan hiburan musik dari Healing Yes dan OM PNS. Peserta berlari sejauh lima kilometer dengan menempuh rute dari alun-alun Wonogiri, SMP 1 Wonogiri, Pasar Kota Wonogiri, dan finish kembali ke alun-alun Wonogiri. 
 
Sarko, salah satu peserta rela mengenakan kostum unik saat berlari. Dia mengenakan seragam PNS yang dihiasi balon warna-warni, mengenakan topeng, serta menempelkan beberapa stiker dan poster yang mengajak menyukseskan Pemilu. “Saya pakai kostum ini untuk mengajak masyarakat ikut serta dalam Pemilu,” kata PNS di lingkungan Pemkab Wonogiri itu. (Yogi)

Tinggalkan Pesan