Bawaslu Wonogiri Dalami Video Camat Purwantoro Kampanye

0
bawaslu
ILUSTRASI

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Wonogiri akan menginvestigasi dan mendalami video yang menayangkan sebuah acara di pendapa Kecamatan Purwantoro, Senin lalu (8/4).

Video itu menjadi perhatian karena Camat Purwantoro Joko Susilo terekam menyampaikan arahan untuk Pemilu dengan menyebut Presiden Jokowi dan beberapa calon legislatif.  Ketua Bawaslu Kabupaten Wonogiri Mahbub Ali mengatakan, pihaknya belum menerima pengaduan resmi, tetapi sudah memperoleh rekaman video tersebut.

“Senin malam (8/4) saya sudah mendapat informasinya dan baru tadi pagi (Selasa, 9/4) mendapatkan videonya,” katanya, Selasa (9/4).
Menurut dia, pihaknya akan segera melakukan investigasi untuk memastikan apakah di dalam video itu benar Camat atau tidak. Kalau mengarah pada pelanggaran, nanti bisa jadi temuan.

Menanggapi hal itu, Camat Purwantoro Joko Susilo menerangkan, acara tersebut sebenarnya diadakan oleh Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di pendapa Kecamatan Purwantoro. Adapun pihaknya diundang untuk menyampaikan sambutan.

Joko menyayangkan video tersebut hanya sepotong, tidak menayangkan acara secara menyeluruh. “Videonya hanya sepotong, tidak komplit. Seharusnya (direkam) dari awal, jadi bisa didengar oleh semua orang secara utuh,” katanya.
Padahal menurut dia, dalam kesempatan itu lebih menekankan pancaprogram Bupati Wonogiri untuk disinkronkan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah pusat. Pihaknya juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilih sesuai pilihan masing-masing. Tujuannya agar tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 nanti bisa mencapai target 76%.

Terpisah, Nur Fatah, Kadus Senayu, Desa Biting, Kecamatan Purwantoro mengatakan, acara tersebut merupakan silaturahmi dan sarasehan perangkat desa yang tergabung dalam PPDI di wilayah Kecamatan Purwantoro pada Senin (8/4). Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 10.00 itu merupakan acara internal bersama pengurus PPDI tingkat Kabupaten Wonogiri. Acara tersebut sebagai koordinasi memikirkan  kesejahteraan perangkat desa dan bertukar informasi antardaerah.

Adapun camat memberikan sambutan yang berisi imbauan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilih sesuai hati nurani masing-masing. Namun, salah satu perangkat desa yang menjadi peserta merekam sambutan camat.

Video yang direkam itu kemudian dibagikan kepada temannya, sehingga menyebar. Video itu menurutnya hanya untuk kenang-kenangan dan konsumsi sendiri, tetapi sudah terlanjut menyebar. (Khalid Yogi)

Tinggalkan Pesan