Mahasiswa ISI Surakarta Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilu Damai

0
ISI-Ajak-Pemilu-Damai


SOLO,suaramerdekasolo.com-Mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Surakarta Angkatan 2018 menggelar kegiatan bertajuk “Ilustrasi Poster Pemilu Damai” yang digelar di Kampung Demokrasi Dukuhan, Nayu Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari.
Kaprodi DKV Asmoro Nurhadi Panindias mengemukakan, aksi kreatif tersebut dalam rangka menyambut pesta demokrasi Pemilu 17 April mendatang. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa menyajikan puluhan karya berupa poster. Karya seni rupa tersebut berisi ajakan pada masyarakat untuk menyukseskan Pemilu 2019.
Sekitar 70an karya dengan media cetak mmt ukuran berdiameter 50 cm dipajang dan dipamerkan sampai gelaran pemilu selesai. Dengan media unik berupa ban bekas sepeda motor, beberapa ajakan yang tertuang dalam poster antara lain
ajakan tolak politik uang, tetap bersatu walau beda pilihan, anti hoax dan ujaran kebencian. Beberapa poster bertuliskan “pemilu damai”, “semangat toleransi” dan “Jangan Golput” , serta konten persuasif kepada generasi millenial agar mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan juga terpasang.
“Karya mahasiswa dituangkan dengan teknik dan gaya ilustrasi yang beragam baik teknik manual, digital ataupun kombinasi keduanya,” kata Kaprodi.
Selain itu, juga ada aksi pendukung berupa aksi grafiti massal dengan alat cat semprot, spidol dan alat gambar lainnya di media spanduk MMT berukuran 3m x 3 m.
Dalam spanduk tersebut mahasiswa bisa menuangkan beragam kreasi berkonten pemilu damai bagi masyarakat Indonesia.
“Sebenarnya ini adalah tugas mata kuliah Ilustrasi Terapan,” paparnya.
Melalui aksi kreatif ini diharapkan mahasiswa bisa berkontribusi langsung menyukseskan pemilu agar terlaksana dengan damai, aman, jujur dan adil melalui kompetensi dan kemampuan mahasiswa dalam mengolah ide gagasan kreatif lewat karya ilustrasi.(Evie Kusnindya)

Tinggalkan Pesan