FKDM Selesaikan Masalah bukan Bikin Masalah

0
fkdm-kabupaten-karanganyar

*Jangan Terlena Kondusivitas Keadaan

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Jangan terlena dengan kondusivitas keadaan. Sepertinya aman-aman saja namun kewaspadaan harus dijaga dan setiap saat harus siap dan waspada jika ada perobahan kondisi. Seperti pentas dangdut, semua orang bersuka, namun sesungguhnya dibutuhkan kewaspadaan di antara rasa suka tersebut. Mulanya senggolan, lama kelamaan bisa ricuh.
Hal itu diingatkan Kepala Kejaksaan Negeri Suhartoyo saat ceramah di depan anggota forum kewaspadaan dini yang dilantik bupati di pendapa rumah dinas, Senin. Suhartoyo selama hampir setengah jam memaparkan berbagai hal soal kewaspadaan dini pada seluruh anggota.

Dia mengatakan, menjelang pemilu ini Karanganyar sepertinya dalam kondisi yang cukup dingin dan kondusif. Namun demikian seluruh anggota FKDM harus tetap waspada dan selalu pasang telinga jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, akan bisa muncul setiap saat.
‘’Anggota FKDM betul seperti anggota intelijen yang harus bekerja tanpa rupa. Justru jangan malah petentang petenteng karena menjadi anggota FKDM yang harus mengumpulkan data dan fakta yang terjadi di masyarakat untuk kepentingan keamanan pemerintah.’’

Anggotanya harus bekerja sama dengan anggota kejaksaan, polisi, Kodim, Badan Intelijen Negara, dan masyararakat lainnya. Dan dia memberikan laporan pada Bupati untuk kepentingan keaman negara.
Suhartoyo mencontohkan pihaknya memiliki jaringan atau agen yang menjadi kepanjangan kejaksaan untuk memantau masjid dan tempat ibadah lainnya untuk masukan kepada kejaksaan jika terjadi sesuatu yang harus disikapi demi keamanan.

Selesaikan masalah

Hal yang sama juga ada di setiap percetakan, untuk mengantisipasi jika ada barang cetakan yang harus diwaspadai untuk kepentingan tertentu. Sehingga jauh hari kejaksaan bisa mengeluarkan tindakan tertentu.
Satu hal yang harus dilakukan anggota FKDM adalah bahwa mereka dibentuk untuk menyelesaikan masalah bukan untuk membuat masalah. Ibarat pepatah Jawa, harus bisa nyekel iwak tanpa buthek banyune.

Bupati berharap anggota FKDM bisa memberikan laporan selengkap mungkin pada bupati untuk bisa digunakan menyelesaikan masalah yang muncul di masyarakat, bukan malah membuat masalah baru.
Karena itu anggota FKDM harus bisa bersikap yang baik dan tidak malah menonjolkan diri karena dia bertujuan mengumpulkan informasi selengkap mungkin dari masyarakat.(Joko DH)

Tinggalkan Pesan