Seluruh Logistik Pemilu di Klaten sudah Didistribusikan

0
logistik-pemilu-klaten

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Seluruh kebutuhan logistik keperluan pelaksanaan Pemilihan Umum (pemilu) calon anggota legislatif, anggota DPD dan Pemilihan Presiden dan wakil presiden (Pilpres) sudah didistribuskan seluruhnya dari gudang penyimpanan KPU Klaten ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 26 kecamatan, Senin (15/4).

‘’Distribusi logistik Pemilu dan Pilpres sudah 100 persen dilakukan sejak Kamis hingga Senin (15/4). Distribusi terakhir ke Kecamatan Wedi, Cepar, Trucuk, Bayat, Karangdowo, Ngawen dan terakhir ke Klaten Selatan, jadi hari ini sudah selesai semuanya,’’ kata Ketua KPU Klaten, Kartika Sari Handayani di kantornya, Senin (15/4).

Rencananya, Senin (15/4), losgitik Pemilu akan didistribusikan dari PPK ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 401 desa/kelurahan yang ada di Klaten. Sehari kemudian, logistik akan didistribusikan ke 4.313 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Losgistik Pemilu yang didistribusikan terdiri atas surat suara, bilik suara, kotak suara, alat coblos dan bantalan, serta berbagai formulir, plano (papan penghitungan) dan tinta. Semua logistik kecuali bilik suara dan plano didistribusikan dalam kotak suara yang disegel dengan kabeltis berlogo KPU.

‘’Untuk pendistribusiannya, KPU bekerja sama dengan PT Pos Indonesia sesuai dengan MoU yang telah disepakati. PT Pos Indonesia menerjunkan sekitar 20 armada truk bak tertutup untuk mengirim logistik dari KPU ke PPK. Kemampuan distribusi setiap hari menyesuaikan dengan jumlah kotak, satu truk muat 130 kotak suara,’’ ujar Kartika Sari Handayani.

Pengawalan aparat

Pada pemilu kali ini, KPU mendistribusikan 1.026.889 lembar surat suara. Jumlah itu sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan sebanyak 1.04.526 ditambah 2 persen untuk cadangan. Ada pun jumlah kotak suara mencapai 21.565 kota, karena setiap TPS ada 5 kotak suara. Proses distribusi logistik Pemilu mendapat pengawalan dari aparat Polres Klaten.

Masing-masing kotak untuk wadah surat suara pemilihan anggota DPRD Klaten, DPRD Provinsi Jateng, DPR RI, DPD RI dan Pilpres. Sesuai jadwal, pencoblosan akan dimulai pukul 07.00 sampai 13.00 WIB. Untuk tiap TPS akan ada saksi dari partai politik peserta pemilu dan tim pendukung calon presiden dan wakil presiden.(Merawati Sunantri)

Tinggalkan Pesan