TPS di Tasikmadu Didekorasi Seperti Orang Punya Hajat

0
MANTU
UNIK : Warga Dusun Derman, Desa Karangmojo, Kecamatan Tasikmadu menggunakan hak suaranya di TPS 10 yang didekorasi seperti orang punya hajat, Rabu (17/4). (suaramerdekasolo,com/Irfan Salafudin)
KARANGANYAR, suaramerdekasolo,com – Coblosan di TPS 10 Dusun Derman, Desa Karangmojo, Kecamatan Tasikmadu pada Rabu (17/4), berlangsung seperti orang punya hajat. 
Pasalnya, TPS yang melayani 226 warga sesuai daftar pemilih tetap (DPT) tersebut dihias dengan pernik-pernik seperti orang mantu. Untaian janur dan roncean kembang dan tanaman hias, dipasang di pintu masuk TPS. 
Langit-langit TPS dihiasi warna warni kertas krep dan balon, sehingga suasana terlihat semarak. Roncean bunga dan tanaman hias juga dipasang di beberapa sudut. 
Dikerjakan secara gotong royong oleh warga setempat sejak Selasa (16/4) sore, TPS mantu itu merupakan ide dari masyarakat, agar pemilu di wilayahnya berlangsung menyenangkan, laiknya orang sedang berpesta. 
“Baru pemilu kali ini, TPS di sini dihias seperti orang mantu. Ya, bisa diartikan, pemilu ini hajatannya ibu pertiwi. Karena itu, dibikin suasana yang menyenangkan, biar suasana tetap damai, sejuk. Meski ada perbedaan pilihan, tapi tetap guyub rukun,” tutur Kepala Dusun Derman Larsito. 
Menurutnya, pesta demokrasi tidak seharusnya dirusak suasananya dengan gontok-gontokan sesama anak bangsa. “Semoga pemilu ini menghasilkan pemimpin yang amanah, siapapun yang terpilih,” harapnya. 
Larsito mengaku, suasana TPS 10 yang dihias seperti orang punya hajat, ikut mendongkrak tingkat kehadiran warga untuk menggunakan hak suaranya. 
“Saya perhatikan, warga yang dulu-dulu tidak ikut nyoblos, hari ini datang untuk menggunakan hak suaranya. Ya bagus. Tingkat partisipasi jadi meningkat. Sebelum TPS buka, tadi sudah banyak yang antre. Warga penasaran, seperti apa suasana di TPS 10,” ujarnya.  
Namanya orang punya hajat, tak lengkap jika tak ada hidangan untuk para tamu. Karena itu pula, Larsito mengaku menyediakan hidangan untuk disantap bersama oleh warga. 
“Tadi sarapan bareng-bareng di sini. Wong hajatan, ya harus ada hidangan. Sing penting guyub rukun,” imbuhnya. 
Sadiyem, salah satu warga, mengaku senang dengan suasana yang dihadirkan di TPS 10. “Ya, bagus. Unik, seperti datang ke tempat orang mantu,” tuturnya. (Irfan Salafudin) 
 

Tinggalkan Pesan