Kapolda : Situasi Kamtibmas di Jateng Aman

0
39
Kapolda Jateng
FOTO BERSAMA : Kapolda Jateng, Pangdam IV Diponegoro foto bersama saat melakukan kunjungan ke PPK Sukoharjo, Kamis (18/4). (Suaamerdekasolo/heru susilo)

Satu KPPS di TPS Jepara Bermasalah

SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com – Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono memastikan situasi keamanan di wilayah Polda Jateng aman dan terkendali, baik saat coblosan dan pasca coblosan.
Hal tersebut diungkapkan Kapolda saat melakukan kunjungan ke PPK Sukoharjo brsama dengan Pangdam IV Diponegoro, kemarin. Menurut Kapolda, memang ada beberapa kejadian yang terjadi selama proses pemungutan suara, tetapi semua sudah ditangani oleh pihak yang terkait.
Salah satunya kejadian di Jepara, tepatnya di salah tu TPS yang KPPSnya digantikan oleh keluarganya. Sebab, KPPS yang tercatat sedang merantau di NTT dan tidak pulang ke Jepara. Pada posisi tersebut, bapaknya berinisifatif menggantikan posisi anaknya sebagai KPPS.
“Ini terjadi di Jepara dan saat ini sudah diproses oleh Bawaslu serta KPU provinsi. Kemungkinan besar di TPS ini akan dilakukan pemilihan ulang, ya karena itu tadi, posisi anaknya yang merantau digantikan oleh bapaknya di KPPS,” jelas Kapolda.
Terkait dengan pantauan sendiri, Jenderal bintang dua ini mengatakan, untuk seluruh Jawa Tengah saat ini hampir sudah 85 persen sudah ada di PPK. Data tersebut merupakan data dari TPS ke PPS, sebab di tingkat PPS tidak ada rapat pleno.
Terkait dengan pengamanan surat suara dan penghitungan, pihaknya telah memerintahkan seluruh jajarannya untuk terus mengawal hingga tuntas.
Di satu sisi, Kapolda mengapresiasi rakyat Jawa Tengah yang sudah menggunakan hak pilihnya serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan, meski beda dalam pilihan. Pihaknya berharap situasi tersebut tetap dijaga dan dirawat. Kapolda juga mengatakan, saat ini sudah saatnya bagi TNI-Polri, pemerintah untuk bersama-sama bersama dengan warga menjaga persatuan dan kesatuan.
“01 dan 02 itu kalau dijumlah kan tiga (3), jadi Persatuan dan Kesatuan Indonesia sesuai dengan sila ketiga Pancasila. Mari kita jaga terus situasi ini dan bersama-sama membangun daerah masing-masing,” imbaunya. (Heru susilo)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here