Panjat Tebing Siapkan Enam Gelar

panjat-tebing-solo3

*Selasa, POM Rayon II Surakarta

SOLO,suaramerdekasolo.com – Enam gelar juara panjat tebing disiapkan pada Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Rayon II Surakarta yang bakal digelar Solo, Selasa- Jumat (23-26/4). Para atlet mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi tersebut akan bersaing memperebutkannya di Solo Sport Climbing Center Manahan dan kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, selaku tuan rumah.

‘’Lomba pada Rabu-Kamis (24-25/4) diselenggarakan di Manahan, sedangkan pada hari terakhir Jumat (26/4) dilaksanakan di papan panjat kampus ISI,’’ kata Dimas Satryo, salah seorang panitia yang juga pelatih tim ISI, Sabtu (20/4).

Enam nomor yang akan dilombakan dalam ajang berlingkup eks Karesidenan Surakarta tersebut adalah lead putra dan putri, speed klasik putra dan putri, serta boulder putra dan putri. Para peserta bakal bersaing untuk memperebutkan tiket menuju POM Jateng yang bakal dilaksanakan pada waktu berikutnya.

‘’Mengacu pada panduan lomba POM Nasional, kuota setiap rayon mengirimkan maksimal enam atlet putra dan enam putri ke tingkat provinsi,’’ tutur dia mendampingi ketua panitia, Hasan Nur Rokhim dari Massenca Mapala ISI Surakarta.

Tiga Atlet

Sebagai tuan rumah, pihaknya bakal menurunkan tiga atlet yakni Aman Syahril, Hega Prakosa dan Dedy Setyawan. Aman yang pernah memperkuat tim Solo pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng XIV/2013, ditargetkan menyabet medali emas.

‘’Dia yang punya peluang terbesar untuk meraih gelar juara di papan lead, speed maupun boulder. Tapi tidak menutup kemungkinan, Hega dan Dedy juga memiliki kesempatan menembus tiga besar,’’ ujar Dimas yang turut menyumbang dua emas dan sekeping perunggu bagi kontingen Solo pada Porprov XV/2018 itu.

Persaingan diperkirakan cukup ketat. Salah satu rival tim tuan rumah antara lain Lukman Perdana, atlet Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UNS itu memang tidak menyumbang medali bagi Solo, namun Lukman termasuk atlet binaan FPTI Kota Bengawan.(Setyo Wiyono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here