Parwanto, Calon Tunggal Ketua KONI Klaten

0
RAPAT KONI : Ketua Umum KONI Otto Saksono memimpin rapat pleno di sekretariat KONI, Jonggrangan, Klaten Utara.(SM/Merawati Sunantri)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – KONI Klaten akan menggelar Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab), 27 April 2019 mendatang. Hingga penutupan pendaftaran, hanya ada satu calon yang mendaftar ke panitia penjaringan dan penyaringan bakal calon Ketua KONI periode 2019-2023, yakni Parwanto.

Menurut Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan calon ketua KONI, Sukojo, pendaftaran dibuka pada 29 Maret hingga 15 April 2019. Hingga penutupan, hanya satu calon yang mendaftar dan memasukkan persyaratan yang telah disepakati oleh seluruh cabang olahraga anggota KONI pada Pra Musorkab, beberapa waktu lalu.

‘’Parwanto menjadi satu-satunya calon ketua KONI periode 2019-2023 yang telah mendaftar dan dinyatakan memenuhi persyaratan baik syarat administrasi mauun syarat pendukung. Dia juga mendapatkan dukungan dari 27 cabang olahraga anggota KONI Klaten,’’ kata Sukoyo, Jumat (19/4).

Pada persyaratan yang telah ditentukan, bakal calon yang mendaftar harus mengantongi dukungan minimal dari 8 cabang olahraga. Dia juga sudah pernah menjabat sebagai pengurus cabang olahraga, karena saat ini dia menjabat Ketua Umum Perti Klaten dan mempunyai kepedulian pada pembinaan olahraga.

Sebenarnya, selain Parwanto ada calon lain yang mendatangi sekretariat untuk memasukan berkas pendaftaran setelah mengantongi dukungan dari 8 cabang olahraga. Namun begitu mengetahui ada calon yang sudah mengantongi dukungan lebih dari 25 cabang olahraga, dia batal memasukkan berkas pendaftaran. Saat ini, ada 36 cabang olahraga anggota KONI Klaten.

Hasil penjaringan dan panyaringan bakal calon sudah diserahkan kepada KONI untuk mendapatkan pengesahan sebagai calon. Hal itu dibahas dalam rapat pleno pengurus KONI yang digelar di Sekretariat KONI, Jonggrangan, Klaten Utara, Kamis (18/4) malam. Dalam rapat yang dipimpin Ketua Umum KONI Otto Saksono dengan dihadiri pengurus KONI.

‘’Tim penjaringan dan penyaringan bakal calon sudah menyerahan hasil kerjanya, hanya ada satu calon yang mendaftar dan sudah dinyatakan memenuhi semua persyaratan. Meski demikian, penetapannya akan dilakukan pada saat pelaksanaan Musorkab, 27 April mendatang,’’ kata Otto Saksono di kantor KONI.

Otto berharap, penetapan ketua Umum KONI pada Musorkab mendatang lebih mengedepankan musyawarah dan mufakat. Dengan demikian, pemilihan akan mengedepankan musyawarah dan mufakat sehingga calon yang terpilih nantinya bisa terima semua pihak dan bisa bekerja sama dengan semua cabang olahraga.

‘’Saat Musorkab nanti, hasil penjaringan yang dilakukan tim akan dipaparkan di forum. Saya harap, calon terpilih diputuskan dengan jalan musyawarah karena akan lebih menyenangkan semua pihak. Setelah ditetapkan, calon terpilih akan bertindak sebagai ketua formatur bersama perwakilan dari pengurus KONI lama dan perwakilan dari cabang olahraga,’’ ujar Otto Saksono.

Sekretaris Tim Penjaringan, Dwi Purwanto menambahkan, tim yang beranggota 3 orang yakni dirinya, Sukojo dan Hisyam Mawardi telah melakukan verifikasi persyaratan termasuk lampiran berkas setelah pendaftaran ditutup. ‘’Setelah dilakukan verifikasi, kami nyatakan Parwanto memenuhi semua persyaratan,’’ tegas dia.(Merawati Sunantri)

Tinggalkan Pesan