Solo Siapkan Pesilat ke Kejurprov

pesilat-kejurprov

*Seleksi Terbatas Tim Jateng

 

SOLO,suaramerdekasolo.com – Pengkot Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Solo menyiapkan sejumlah pesilat untuk bertarung pada Kejurprov Jateng yang rencananya diselenggarakan di Semarang pada awal Mei mendatang. Mereka saat ini ditempa dalam latihan intensif, di antaranya di gedung olahraga kawasan Sumber.

‘’Sejak awal mereka disiapkan. Tapi tak banyak, mengingat ada sejumlah kriteria yang mesti dipenuhi, misalnya atlet yang pernah memperkuat tim Jateng di kejuaraan nasional atau peraih medali perunggu pada Pekan Olahrga Provinsi (Porprov) Jateng XV/2018,’’ kata salah seorang pelatih pencak silat Solo, Iwan Suyanto, Minggu (21/4).

Ada beberapa atlet yang memenuhi persyaratan tersebut. Kendati demikian, menurutnya hanya dua atlet yang akhirnya bakal diturunkan. Keduanya adalah M Fariz Alfarizy yang biasa bertarung di kelas A putra dan M Thoriq Hadad (kelas H putra).

‘’Sebenarnya ada seorang lagi, yakni Ginting Baharudin. Tapi waktu pelaksanaan kejurprov berbarengan dengan jadwal dia mengikuti proses seleksi masuk TNI,’’ ungkap Iwan.

 

Memiliki Peluang

 

Pengurus Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengprov IPSI Jateng Indro Catur menjelaskan, kejurprov yang rencananya diselenggarakan pada 1-3 Mei mendatang itu bersifat terbatas. Sebab ajang tersebut sekaligus ditujukan sebagai rangkaian untuk menambah awak tim Jateng yang disiapkan menghadapi Pra-PON 2020.

‘’Peraih medali emas dan perak Porprov tidak ikut kejurprov, karena mereka telah masuk kerangka tim Jateng,’’ jelasnya.

Lebih lanjut, Iwan menyebut kedua pesilat Kota Bengawan yang disiapkan tersebut memiliki peluang untuk lolos dalam kejurprov. Meski demikian, menurut dia, informasinya masih ada proses lanjutan berupa seleksi daerah guna memastikan atlet masuk dalam tim Jateng.

‘’Saat ini sudah ada tiga atlet Solo yang masuk dalam kerangka tim Jateng. Mereka juga sudah menjalani latihan dalam tim tersebut,’’ tuturnya.

Ketiga pesilat itu adalah Sapto Purnomo, Nadya Haq Umami dan Zidni Rahma Amalia. Mereka bersama sejumlah atlet lain dari beberapa daerah, ditempa dalam latihan di kawasan Gajahan, Colomadu.(Setyo Wiyono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here