Sensasi di Tikungan Cinta Cluntang

tikungan-cinta-cluntang

* Berpose di Rerimbun Bunga Matahari

MEMASUKI musim libur usai ujian sekolah dan menyambut libur jelang Bulan Suci Ramadan 2019. Tak salah bila waktu-waktu liburan itu dimanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga ini atau setidaknya digunakan untuk berwisata ke lereng gunung Merapi.
Nah, salah satu destinasi wisata yang sedang diperbincangkan adalah objek wisata Tikungan Cinta Cluntang. Dari namanya saja, bakalan ketahuan nuansa objek wisata ini seperti apa. Mudahnya adalah sebuah lokasi di tikungan jalan, dengan pemandangan alam yang aduhai. Udara khas pegunungan yang tentu saja menyejukkan, dan pemandangan alam (landscape) yang memberikan vitamin bagi mata para pengunjung.
Hal lain yang ditawarkan dari objek wisata ini adalah tumbuhan bunga matahari. Warga di Cluntang, Musuk memang gemar menanam bunga yang bijinya bisa dimakan sebagai camilan. Tumbuhan setinggi orang dewasa ini bisa dimanfaatkan sebagai objek berpose dan berswafoto.
Menurut Arum (39), warga Boyolali Kota yang sering berkunjung ke objek-objek wisata di Kota Susu ini. Tikungan Cinta Cluntang wajib dieksplore.
Spot-spot di sana tak kalah dengan puncak pilar Sukabumi atau alam sutra Selo Boyolali.
“Hanya saja yang menjadi ciri khas di Tikungan Cinta Cluntang adalah keindahan hutan pinus dan bermekaranya tumbuhan bunga matahari,” katanya.

Modal GPS

Untuk menjangkau destinasi wisata ini cukup mudah. Bila anda berangkat melalui Kota Boyolali, anda tinggal menyalakan <I>global positioning system<P> (GPS) di HP andrid dan mengikuti panduan jalan. Bila tidak menginstal <I>software<P> itu di HP bisa mengikuti panduan, cari arah menuju Jalan Merapi lanjut Jalan Boyolali-Musuk hingga sampai ke tujuan yaitu di tikungan cinta boyolali. “Tentu saja perlu tanya warga sekitar agar tidak salah jalan,” imbuhnya.
Bagi yang tidak hafal jalan lama perjalanan bisa mencapai satu jam. Namun tidak perlu berkecil hati bila kecapekan atau kehausan. Di sekitar objek wisata itu tersedia warung-warung makanan-minuman sebagai tempat beristirahat sementara. Warga sekitar juga sudah menyiapkan areal parkir bagi kendaraan roda dua maupun roda empat.
Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Boyolali Wiwis Trisiwi Handayani mengakui Kabupaten Boyolali kaya potensi wisata alam. Pemkab Boyolali mendukung masyarakat sekitar yang mengembangkan potensi alamnya untuk tujuan wisata.
“Objek-objek wisata yang dikelola masyarakat dan pemerintah desa ini tentu saja memperkaya khasanah destinasi wisata Boyolali. Kami selalu mendukung dan ikut mempromosikannya,” katanya.
Mneurutnya objek wisata Tikungan Cinta di Cluntang Musuk ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata. Dan ke depan desa setempat bisa diarahkan menjadi desa wisata (deswita). (Budi Santoso)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here