Delapan Siswa SMP di Karanganyar Mundur dari UNBK

unbk-karanganyar2
UNBK : Siswa di Kabupaten Karanganyar megikuti UNBK yang digelar sejak Senin (22/4) lalu.

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 8 anak siswa SMP di Karanganyar mengundurkan diri, dan tidak mengikuti ujian nasional yang dilaksanakan dengan berbasis komputer (UNBK) yang dilaksanakan sejak Senin lalu.

Mereka adalah 2 siswa dari SMP N 1 Mojogedang,  SMP Amal Mulya, 1 SMP Penda Tawangmangu, SMP N 2 Mojogedang, SMP Muhammadiyah 9 Jaten, SMP Muhammadiyah 8 Kebakkramat. Mereka mengundurkan diri dengan berbagai sebab.

Agus Haryanto Sekretaris Dinas Dikbud mengatakan hal itu kepada wartawan, Selasa. Pihaknya kini masih menunggu apakah niat mereka mengundurkan diri masih tetap, atau mereka masih menghendaki ikut ujian susulan nantinya.

‘’Jika mereka sudah terang-terangan mengundurkan diri, maka otomatis mereka tidak akan diikutkan ujian susulan yang digelar nanti setewlah UNBK dilaksanakan sampai Kamis ini,’’ kata Agus Haryanto.

Namun jika mereka tidak datang saja karena berbagai sebab ada UNBK ini, maka mereka masih diberi kesempatan mengikuti ujian susulan. Hak mereka masih sama dengan yang lain untuk mengikuti UNBK.

Jika mereka betul-betul mundur, maka otomatis anak tersebut diberi hak untuk mengikuti ujian paket B, yang setara dengan SMP agar mereka masih diakui pendidikannya sama dengan lulusan SMP. Dan setelah itu jika mereka masuk kelompok belajar, bisa mengikuti ujian paket C setara SMA.

Tentang penyebab mundur, Agus mengatakan, biasanya karena faktor orang tua yang memang tidak begitu peduli anaknya ikut ujian nasional. Mereka beranggapan lebih baik jika anak bisa membantu orang tuanya dengan berbagai cara meski tidak sekolah tinggi. Itu yang sebetulnya masih menjadi tantangan kita untuk menyadarkan orang tua perlunya pendidikan anak.(joko dh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here