262 Siswa Dilantik Menjadi Anggota Batalyon Ketarunaan SMKN Ngargoyoso

0
taruna-karanganyar
BANGGA : Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andi Amin Latama menyematkan baret pada perwakilan siswa yang dikukuhkan sebagai anggota Batalyon Ketarunaan SMKN Ngargoyoso, Sabtu (27/4). (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)
KARANGANYAR, suaramerdekasolo.comSuasana haru menyeruak di halaman SMKN Ngargoyoso, saat siswa kelas X bertemu orang tuanya, usai dikukuhkan sebagai Taruna Angkatan I Batalyon Ketarunaan SMKN Ngargoyoso, Sabtu (27/4). 
Beberapa siswa tak kuasa menahan tangis, saat orang tua mereka membenarkan posisi baret taruna di kepala. Tak sedikit yang langsung memeluk orang tuanya dan menumpahkan tangis di pelukan. 
Ada pula yang memeluk kaki orang tua, sebagai tanda bakti si anak pada orang yang telah merawat dan mendidik. Ya, seluruh siswa kelas X sekolah sebanyak 262 siswa, Sabtu kemarin dilantik menjadi anggota Batalyon Ketarunaan, setelah menempuh pendidikan ketarunaan selama setahun di sekolah. 
Program ketarunaan tersebut diterapkan mulai tahun ajaran 2018/2019, di mana siswa sekali dalam sepekan mengikuti latihan kedisiplinan dan olah fisik, untuk memperkuat karakter dan jatidiri siswa.  
Pelantikan dilakukan dalam upacara yang dipimpin Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andi Amin Latama. Pengukuhan sebagai taruna ditandai dengan penyematan baret, serta penyiraman air pada dua orang perwakilan siswa.  
Dalam sambutannya, Letkol Inf Andi Amin Latama menyampaikan, pendidikan ketarunaan itu akan membentuk karakter siswa yang disiplin dan tahan uji. Dia berpesan, agar seluruh siswa menempuh pendidikan dengan baik dan tidak menyia-nyiakan perjuangan orang tua yang telah susah payah membiayai pendidikan.
“Tempuh pendidikan dengan penuh semangat. Dengan semangat, semua rintangan akan bisa dihadapi,” tandasnya. 
Kepala SMKN Ngargoyoso Sri Eka Lelana menjelaskan, pendidikan ketarunaan diterapkan pada seluruh siswa kelas X selama setahun, dimulai di awal tahun ajaran. “Di akhir tahun ajaran, siswa dilantik menjadi anggota Batalyon Ketarunaan SMKN Ngargoyoso. Program ini baru pertama dilaksanakan di tahun ajaran 2018/2019,” jelasnya. 
Menurutnya, tujuan pendidikan ketarunaan untuk membekali siswa dengan kedisiplinan dan kesamaptaan, sehingga memiliki sifat jujur, ksatria dan bertanggung jawab. 
Dalam menemuh pendidikan ketarunaan, seluruh siswa setiap sepekan sekali dikumpulkan, untuk mengikuti latihan fisik dan latihan disiplin. Selain pelatih dari internal sekolah, mereka juga dilatih beberapa personel TNI dan Polri. (Irfan Salafudin) 

Tinggalkan Pesan