Running Text Bakal Dikomersialkan Pemkot Surakarta

0
running-text
RUNNING TEXT : Media iklan running text dipasang Pemkot Surakarta di perempatan Timuran, Solo. (suaramerdekasolo.com/Agustinus Ariawan)

SOLO, suaramerdekasolo.com – Pemkot Surakarta tengah memikirkan kemungkinan komersialisasi enam running text yang terletak di sejumlah lokasi Kota Solo. Komersialisasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi pendapatan asli daerah (PAD).
“Selama ini running text itu baru menampilkan iklan layanan masyarakat (ILM),” kata Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Yosca Herman Soedrajad.
Menurut dia, komersialisasi media iklan luar ruang tersebut sejalan dengan upaya Pemkot menggali potensi PAD dari sektor pajak daerah. Pada tahun ini, target penerimaan sembilan jenis pajak daerah itu dipatok Rp 343 miliar. Naik dari target tahun lalu yang berkisar Rp 275 miliar.
“Pembagian materi iklan komersial di running text bisa mengikuti aturan pembagian iklan videotron, yakni 80 persen untuk ILM dan 20 persen untuk iklan komersial. Dengan demikian tayangan ILM masih dominan. Prinsipnya, running text maupun videotron adalah media promosi kekinian yang harus dimaksimalkan.”
Media promosi running text tersebut diantaranya terletak di depan Balai Kota, perempatan Timuran dan perempatan Sewu. Adapun untuk videotron, saat ini Pemkot memiliki tiga unit yang berlokasi di perempatan Gendengan, pertigaan Sriwedari dan pertigaan Kerten. “Rencananya akan ditambah satu videotron lagi di dekat Jembatan Keris Tirtonadi,” kata Herman. (Agustinus Ariawan)

Tinggalkan Pesan