Peluncuran Program Matur Jujur

0
67
program-matur-jujur
MATUR JUJUR : Bupati Sri Mulyani meluncurkan Program Matur Jujur dan menyerahkan Buku Matur Jujur kepada sejumlah siswa di GOR Gelarsena, Klaten, Kamis (2/5).(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

*Langkah Pencegahan Korupsi Sejak Dini

KLATEN,suaramerdekasolo.comSeluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), sekitar 600 guru dan 2000 siswa menghadiri peluncurkan Program Matur Jujur di GOR Gelarsena, Jonggrangan, Klaten Utara, Kamis (2/5). Acara yang bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional itu dihadiri perwakilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Menurut Bupati Klaten Sri Mulyani, Program Matur Jujur diluncurkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), pejabat dan seluruh warga Klaten. Buku Matur Jujur akan diberikan gratis untuk siswa. Kegiatan itu diapresiasi Staf Fungsional Bidang Pencegahan KPK, Daniel Rustandi.
‘’Indonesia bebas korupsi merupakan cita-cita bersama. Karena itu, upaya pemberantasan korupsi terus dilakukan dengan penindakan hukum, perbaikan sistem, dan pencegahan. Pencegahan bisa dilakukan melalui pendidikan, seperti Program Matur Jujur dan Buku Matur Jujur,’’ kata Daniel Rustandi.

Baca : Tahun 2019, Taget 10.000 Sertifikat Dibagikan

Prilaku jujur

Buku Matur Jujur bisa mendorong dan membiasakan pelajar untuk berperilaku jujur dimulai dari hal-hal yang kecil. Dengan begitu, setelah anak-anak dewasa dan menjadi penyelenggara negara, mereka sudah terbiasa berperilaku jujur. Itu jadi modal untuk menjauhkan dari tindakan korupsi.
Bupati Sri Mulyani menegaskan, membangun karakter bangsa yang jujur melalui pendidikan adalah amanat konstitusi untuk memperkokoh pondasi bangsa.  Sikap jujur harus diasah dan dibangun dalam diri setiap warga negara, terutama ASN.
‘’Cari orang pintar itu mudah, tapi mencari orang jujur dan istiqomah dalam kebaikan itu langka di zaman ini. Dari sifat jujur lahir jiwa amanah, dapat dipercaya dan perkataannya selalu benar karena takut lisannya dikotori dusta. Jadi sifat jujur harus dibangun sejak kecil, ditanamkan dalam sanubari anak bangsa,’ ‘ tegas Bupati.
Atas nama Pemkab Klaten, dia sangat mendukung inovasi Program Buku Matur Jujur diterapkan bagi seluruh pelajar di Klaten.

Baca : Bupati Canangkan Klaten Selatan sebagai Kecamatan Layak Anak

Gerakan massal

Namun, pelajar tetap butuh keteladanan dari orang tua, guru, pelaku pendidikan, pejabat dan ASN agar menjadi gerakan massal dan masif di birokrasi dan masyarakat Klaten.
‘’Sikap jujur tidak hnya kewajiban siswa, tapi merupakan perintah bagi semua makluk Tuhan. Program matur jujur jangan hanya ramai di awal dan sepi di kemudian hari. Janganlah berakhir dalam tulisan. Keteladanan guru, orang tua, ASN, pejabat, tokoh agama dan masyarakat akan menjadi model membangun kejujuran,’’ tandas Bupati.
Bupati berharap, peluncuran Program Matur Jujur dan Buku Matur Jujur menjadi langkah untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Klaten yang maju, mandiri dan berdaya saing. Dia berharap apa yang dicabangkan pada Hardiknas tahun 2019 akan membawa perubahan besar bagi pembangunan Klaten ke depan.(Merawati Sunantri)

Halaman: 1 | 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here