Buka Bersama Gambaran Kondisi Akherat

0
46
Sekda-karanganyar-Sutarno

SAAT buka bersama merupakan saat paling menyenangkan bagi Sekda Sutarno ketika menjalankan puasa. Terutama ketika acara tarling (tarawih keliling) bersama Forkompimda yang keliling ke 17 kecamatan.

‘’Acara tarling yang diawali dengan berbuka bersama masyarakat merupakan pengalaman yang mengandung unsur spiritualitas tinggi. Kegiatan itu selalu mengingatkan saya, bahwa nanti semuanya akan bernilai sama di mata Allah,’’ kata dia.

Betapa tidak, dari mulai Bupati, Wabup, Kapolres, Dandim, Kajari, Ketua PN, pejabat Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) semua antre, uyug-uyugan mengambil makanan untuk membatalkan puasa, berbuka. Mereka berbaur dengan masyarakat.

Tidak ada perbedaan antara pejabat dengan rakyat jelata. Semua sama saja ngantre ambil makanan. Situasinya riuh. Nah jika seperti itu sangat terasa jabatan itu hanya sampiran. Nanti semua sama di depan Tuhan. Jadi tidak ada yang bisa disombongkan.

Pengalaman spiritual seperti itu yang dirindukan, yang membuat Sutarno sadar akan posisinya yang ternyata sama saja dengan masyarakat. Karena itu menjadi pendorong baginya untuk bekerja dengan baik, dan menyelesaikan tugasnya, demi kebersamaan, untuk semua. Sebab nanti akan dipertanggungjawabkan.

Satu hal lagi yang membuat Sutarno yang sering menyempatkan shalat jamaah di masjid itu, yakni kebersamaan. Saat berbuka dalam tarling itu, menu yang disuguhkan ke Forkompimda dengan menu yang disantap warga masyarakat itu sama.

Karena itu terlihat kebersamaan yang guyup antara pejabat dengan masyarakat. Keadaan itulah yang selalu dirindukan, antara pejabat dengan rakyat tidak ada bedanya. Semua sama. Apalagi jika mejanya ya sama, maka bisa terjadi saling lebih dulu mengambil makanan berbuka.

‘’Saya rasakan hal itu sesuatu yang indah. Mestinya begitu itu, antara pejabat dengan rakyat  menyatu. Saya sangat senang melihatnya. Dengan bersama itu, maka suatu yang berat akan terasa ringan karena disangga bersama,’’ kata dia.

Dia yang saat ini menjabat Sekda Karanganyar, ingin kebersamaan antara pejabat dan rakyat selalu terjadi. Jika itu yang terjadi maka ke depan Karanganyar akan maju, sebab semua masalah dipecahkan bersama antara pejabat yang mendapat amanat dengan masyarakat.(Joko DH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here