Golkar Tertinggi, PKPI Terendah

0
28
foto-selfie-pemilu-2019
ILUSTRASI

*Pengeluaran Dana Kampanye Pemilu 2019 Karanganyar

 

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com. Partai Golkar menerima dan mengeluarkan dana kampanye tertinggi, selama pelaksanaan Pemilu 2019 di Karanganyar. Sementara Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dana kampanyenya terendah, dibandingkan partai politik (parpol) lain. 
Hal itu diketahui, berdasarkan data Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) Peserta Pemilu 2019 yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar. 
Dana kampanye yang diterima Partai Golkar mencapai Rp 1.063.324.981, dengan jumlah pengeluaran sebanyak Rp 1.062.670.000. Disusul PDIP di peringkat kedua dengan penerimaan sebesar Rp 829.321.000 dan pengeluaran sebanyak Rp 825.071.000. 
PKPI menjadi partai dengan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye terendah, yakni Rp 100 ribu. Penerimaan dan pengeluaran dana kampanye yang rendah juga dilakukan PPP, yakni Rp 500 ribu (keterangan detail, lihat grafis, Red). 
Komisioner KPU Karanganyar Divisi Hukum dan Pengawasan Suharjanto mengatakan, parpol menyerahkan LPPDK ke KPU maksimal pada 1 Mei lalu. 
“Semua menyerahkan sesuai jadwal. On time semua. Setelah itu, pada 2 Mei, KPU Karanganyar menyampaikan LPPDK ke Kantor Akuntan Publik (KAP) yang ditunjuk KPU Provinsi untuk diaudit. Ada 16 KAP yang melakukan audit, karena satu KAP menghandle satu parpol,” jelasnya, kemarin. 
Selain partai peserta pemilu, tim kampanye pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden di kabupaten, baik untuk paslon 01 Jokowi-Ma’ruf Amin maupun paslon 02 Prabowo-Sandiaga Uno, juga menyerahkan LPPDK ke KPU Karanganyar. 
“Untuk LPPDK paslon presiden-wakil presiden, KPU Karanganyar sifatnya membantu tim kampanye untuk menyerahkan LPPDK-nya ke KPU Pusat memalui KPU provinsi. Jadi angka dana kampanyenya berapa, kami tidak tahu,” tuturnya. 
Dijelaskannya, partai menyerahkan data dana kampanye ke KPU dalam bentuk hardcopy. Data tersebut dikumpulkan dari penerimaan dan pengeluaran dana masing-masing calon legislatif (caleg), maupun yang diterima dan dikeluarkan partai bersangkutan. 
“Dalam waktu dekat, masing-masing parpol akan mendapat undangan audit dari masing-masing KAP untuk konfirmasi. Selanjutnya, pada 9-10 Juni mendatang, KAP akan menyerahkan hasil audit ke KPU Provinsi Jateng,” imbuhnya. (Irfan Salafudin) 
 
 
Baca :  Ribuan Warga Karanganyar Ngaji Bareng Gus Ali Gondrong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here