Harga Stabil, Kecuali Bawang Putih

0
sembako-pokok
STABIL : Seorang pedagang barang kebutuhan pokok di Pasar Jungke melayani pembeli. Harga barang kebutuhan pokok di Karanganyar sejauh ini masih stabil, kecuali untuk komoditas bawang putih yang melonjak tajam dalam beberapa waktu terakhir. (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)
KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com – Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM (Disdagnakerkop UMKM) Karanganyar memantau pergerakan harga barang kebutuhan pokok secara intensif, di momentum Ramadan dan menjelang Lebaran 2019. 
Pantauan dilakukan setiap hari di 18 pasar tradisional yang tersebar di sejumlah kecamatan di Karanganyar. 
Kabid Perdagangan Disdagnakerkop UMKM Eko Joko Iswanto mengungkapkan, sejauh ini belum terjadi pergolakan harga barang kebutuhan pokok. 
“Masih relatif stabil. Cabe merah dan daging ayam yang terkadang harganya melonjak, ini juga naiknya hanya Rp 2 ribu sampai Rp 3 ribuan,” katanya, kemarin. 
Kecuali untuk komoditas bawang putih, yang harganya melonjak tajam sejak menjelang puasa. 
Pantauan harga terakhir, harga bawang putih jenis kating masih di angka Rp 60 ribu hingga Rp 70 ribuan per kg. Padahal dalam kondisi normal, harga komoditas tersebut hanya di kisaran Rp 40 ribuan per kg. Sedangkan harga bawang putih jenis sinco di kisaran Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu per kg. 
Untuk mengatasi melonjaknya harga bawang putih, belum diketahui apakah dengan melakukan operasi pasar atau langkah lain. “Yang jelas, kondisi ini sudah kami sampaikan ke atasan. Langkah selanjutnya seperti apa, kami menunggu petunjuk. Sembari terus memantau perkembangan harga di pasar,” tuturnya. (Irfan Salafudin) 
 
 
 

Tinggalkan Pesan