PLN Sumbang Ndayu Park Dua Prototipe Becak Listrik

0
becak-listrik-pln-solo
BECAK LISTRIK - Manajer PT PLN Area Distribusi Solo Mudakhir (kanan) menyerahkan dua unit becak listrik ke Untung Wiyono, Dirut PT Ndayu Park, kemarin.(suaramerdekasolo.com/Anindito AN)

SRAGEN,suaramerdekasolo.com – Untuk kali pertama, Sragen memiliki becak listrik. Sebanyak dua unit becak listrik prototipe produk PT PLN Solo itu dihibahkan ke Taman Ndayu (Ndayu Park) di Desa Saradan, Kecamatan Karangmalang, Sragen. Manajer PT PLN Area Distribusi Solo Mudakhir mengajak investor bekerjasama mengembangkan becak listrik.
‘’Karena kelak alat transportasi becak yang memanfaatkan tenaga mekanikal itu akan diganti dengan listrik,’’ tutur Mudhakir, kemarin. Becak listrik semacam itu kelak bakal berkembang.

Dirut Ndayu Park Sragen Untung Wiyono mengapresiasi pemberian dua prototipe becak listrik itu Dalam kesempatan itu, Untung meminta agar kerjasama Ndayu Park dengan PT PLN Area Distribusi Solo terus terjalin dan tidak berhenti sampai disitu.
‘’Karena dari prototipe becak listrik, masih bisa dikembangkan ke produk lain, seperti motor listrik atau moda transportasi dengan daya tenaga listrik,’’ tutur Untung Wiyono yang mantan Bupati Sragen itu. Dikatakan energi bahan bakar dari fosil, kelak akan diganti listrik. Sudah banyak mobil atau motor listrik bermunculan. Kelak moda transportasi umum juga menggunakan daya listrik.

Dana CSR

Mudhakir didampingi Manajer Rayon PT PLN Sragen Rizky mengatakan bantuan dua unit becak listrik seharga Rp 10 juta per unit itu dari dana corporate social responcibility (CSR) PLN. Becak listrik yang mampu melaju dengan kecepatan 40 Km/jam serta memuat dua penumpang itu diserahkan Mundakhir dan diterima Untung Wiyono. Dalam kesempatan itu juga dilakukan uji coba. Becak listrik dikendarai Humas PT PLN Solo Siyanto ditumpangi seorang penumpang wanita.

Mundakhir mengatakan pemberian becak listrik di Ndayu Park itu agar lebih dikenal khalayak. ‘’Karena Ndayu Park ramai dan sering dikunjungi wisatawan asal Sragen dan luar kota,’’ tuturnya.
Dikatakan, PT PLN Rayon Sragen juga sudah menyediakan Satuan Pengisian Listrik Umum (SPLU) atau tempat colokan listrik di seputar Stadion Taruna. ‘’SPLU yang ada itu disediakan untuk mencukupi kebutuhan listrik untuk permainan anak di kawasan Stadion Taruna,’’ tuturnya.(Anindita AN)

Tinggalkan Pesan