Surga Tersembunyi itu Bernama Pantai Karangpayung

0
43
pantai-karangpayung
PANTAI KARANGPAYUNG : Seorang warga menikmati keindahan panorama Pantai Karangpayung di Dusun Dringo, Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. (Suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)
WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Kabupaten Wonogiri ternyata masih menyimpan pantai yang cantik, unik dan eksotik. Selain Pantai Nampu dan Sembukan yang sudah terkenal, ternyata juga ada Pantai Karangpayung di wilayah Dusun Dringo, Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito.
Pantai tersebut belum banyak diketahui wisatawan karena tersembunyi di antara perbukitan karst. Akses menuju pantai masih berupa jalan setapak sekitar setengah kilometer.  Supriyono, warga Dusun Dringo mengatakan, mobil atau sepeda motor pengunjung bisa diparkirkan di sekitar Pantai Waru yang masih berada di wilayah Desa Dringo, Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito. Setelah itu, pengunjung harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak ke arah barat sekitar setengah kilometer. “Aksesnya sementara ini baru berupa jalan setapak,” katanya pada suaramerdekasolo.com.
Ketika mendekati lokasi yang dituju, pengunjung sudah bisa melihat sebuah tebing karang tegak menjulang di sisi barat pantai. Tebing yang tegak lurus itu diperkirakan setinggi 30-40 meter.  Bagian bawahnya sedikit berongga, sehingga bisa digunakan untuk berteduh. Oleh karena itu, warga setempat menyebutnya Pantai Karangpayung karena tebingnya bisa berfungsi seperti payung untuk berteduh. 
Butuh sedikit tenaga guna mencapai bibir pantai. Pasalnya, pengunjung harus terlebih dahulu menuruni tebing. Namun, rasa lelah akan langsung terbayar begitu kaki menapak di hamparan pasir pantai yang putih dan bersih. Selain tebing yang menjulang tegak lurus dan pasir putihnya, Pantai Karangpayung juga dihiasi bebatuan karang nan eksotik. Jika beruntung, pengunjung akan menjumpai sebuah mata air tawar muncul dari dalam tanah ketika timbunan pasir terkikis ombak. “Mata airnya bisa diminum karena airnya tawar,” ujarnya. 
Tarso, warga Dringo lainnya mengungkapkan, belum banyak wisatawan berkunjung ke Pantai Karangpayung. Sebab, pantai itu belum seterkenal Pantai Nampu atau Pantai Sembukan. “Tapi terkadang ada pengunjung yang berkemah di sekitar Pantai Karangpayung,” ujarnya. (khalid yogi)
Baca :  Masyarakat Diminta Tidak Menyuap Polisi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here